5 Hal yang Perlu Kamu Persiapkan Sebelum Camping

Tuesday, 16 January 2018

Waktu luang di libur akhir pekan paling seru jika dihabiskan dengan rehat dari hiruk pikuk kota dan seru-seruan bareng teman atau keluarga di alam bebas. Selain melepas kepenatan dan jenuh setelah aktivitas padat di hari kerja, bertandang melihat alam bebas bagai obat lelah yang tidak ternilai harganya. Camping bisa jadi pilihan yang tepat! Namun sebelum pergi ada baiknya melakukan beberapa persiapan terlebih dahulu, termasuk 5 langkah berikut :

 

Persiapan #1: Tentukan Lokasi

Menentukan lokasi berkemah tentu jadi hal pertama dan utama yang harus diperhatikan ketika memutuskan pergi camping. Sebaiknya tentukan lokasi yang aman saat nanti Anda datangi. Jangan sampai destinasi berkemahmu ternyata rawan bencana alam seperti banjir, rob, atau bahkan letusan gunung api yang tentunya bisa membahayakan dirimu. Riset dan observasi penting dilakukan, demi keamanan dan keselamatan kamu dan teman-teman. Perhatikan juga akses menuju dan dari lokasi, jika perlu cari lokasi yang tidak terlalu jauh dari pemukiman warga, agar saat emergency kamu dapat cepat mendapat pertolongan.

Persiapan #2: Tenda Camping dan Kelengkapannya

Pastikan saat di lokasi camping ground, kamu punya tempat untuk berkemah. Siapkan tenda camping kamu dengan baik, dan pastikan kelengkapan tenda sudah dipacking dengan baik. Selain itu pastikan sleeping bag, tali temali, pasak dan palu, matras serta pemompa angin ikut terbawa. Pastikan juga agar tidak lupa membawa payung atau jas hujan. 

Persiapan #3: Perlengkapan Penerang

Berhubung lokasi yang akan kamu datangi adalah alam terbuka dan bebas, jadi  jangan heran saat malam hari akan sangat gelap sehingga tidak memungkinkan buat kamu melihat keadaan sekitar. Sebaiknya siapkan alat-alat penerangan seperti head lamp, senter, atau lampu petromaks bila perlu. Pastikan juga alat pemantik api ikut terbawa ya.

Persiapan #4: Kompor Portable dan Makanan Instan

Tentu tidak ada yang pernah tau apa yang bisa terjadi di alam bebas dan terbuka. Karenannya penting bagi kamu dan teman-teman yang mengikuti berkemah untuk membawa perlengkapan memasak dan makanan instan. Terutama jika kamu berkemah di hutan atau gunung, ketersediaan makanan dan perlengkapan memasak harus diperhatikan. kamu juga dapat membawa kompor gas portable yang praktis, serta alat makan plastik. Namun, jangan sampai buang sampah sembarangan dan mengotori alam ya!

Persiapan #5: Obat-obatan

Jangan lupa untuk mempersiapkan obat-obatan pribadi yang sering kamu konsumsi ketika keadaan darurat mungkin terjadi. Karena kamulah yang paling tahu kondisi kesehatan diri sendiri. Beberapa minggu sebelum pergi, siapkan fisik dengan latihan olahraga terlebih dulu. Jangan lupa juga menjaga kondisi tubuh dengan makan makanan bergizi yang seimbang, ditambah dengan asupan suplemen yang mendukung. Minum hemaviton Action yang mengandung multivitamin, ginseng extract dan creatine yang bisa menambah energi tubuh dan guaranine untuk menyegarkan tubuh secara langsung. Minum hemaviton Action satu kali sehari, tubuh fit kamupun siap action tiap hari.