Sebelum Wisata ke Alam Liar Perhatikan Ini! Selasa, 18 Agustus 2015

Sebelum Wisata ke Alam Liar Perhatikan Ini!

Pergi wisata ke alam liar seperti pegunungan liar atau pantai yang masih murni dan jarang dijamah orang memang bisa memberi pengalaman berbeda. Namun tidak seperti bepergian ke situs-situs wisata pada umumnya, menjelajah alam liar memerlukan persiapan yang sedikit berbeda. Ini yang harus kamu perhatikan.

1. Pilih waktu yang pas

Menjelajah alam liar di musim hujan tentu akan kurang mengasyikkan, selain medan menjadi cenderung lebih sulit ditempuh, eksplorasi alam pun menjadi terbatas dengan alasan keamanan. Rencanakan kepergianmu ketika alam menyediakan cuaca cerah.

2. Belajar tanda-tanda alam

Ada baiknya kamu belajar bagaimana mengenali kondisi angin dan ombak. Ini penting hingga saat bermain di pantai, kamu bisa tahu apakah pantai ini bersahabat atau tidak untuk kamu bermain atau berenang. Hindari berenang saat ombak sedang tinggian tahan diri ya jangan bermain sampai ke tengah. Begitu juga saat di hutan atau pegunungan, pelajarilah hal-hal yang dapat menarik kedatangan hewan liar seperti aroma yang terlalu menyengat.

3. Hargai penduduk lokal

Hindari sikap sok tahu dan meremehkan. Penduduk lokal lebih tahu kondisi alam di wilayahnya. Mereka jugalah yang menjaga alam itu tetap indah. Jadi kalau ada yang memperingatkanmu akan kondisi alam yang berbahaya di wilayah tertentu sebaiknya jangan diabaikan.

4. Bawa plastik sampah sendiri

Sisakan ruang di dalam ranselmu untuk membawa kembali sampah yang kamu bawa. Kalau kamu mengaku pencinta alam sejati, pantang dong meninggalkan kemasan bekas makanan atau minuman di alam liar.

5. Persiapan fisik

Untuk dapat menuju ke tempat alam liar yang indah biasanya cukup sulit. Selain fasilitas transportasi yang minim, jalanan yang mulus beraspal juga kadang sulit ditemukan. Itu sebabnya kekuatan fisik diperlukan. Bisa jadi kamu akan banyak berjalan kaki saat menjelajah. Siapkan fisik kamu untuk menghadapi beratnya medan dan kemungkinan perubahan cuaca di sana. Olahraga teratur itu mutlak. Jangan lupa minum hemaviton Performance yang mengandung ginseng extract untuk meningkatkan stamina dan kebugaran tubuh. Format sekali minum dalam dua pilihan rasa memudahkanmu mengonsumsinya di perjalanan. Ditambah kandungan L-Glutamic Acid-nya juga dapat membantu kamu selalu fokus saat melakukan penjelajahan di alam liar.

Satu hal tidak kalah penting adalah ikutlah berpartisipasi menjaga keindahan dan kelestarian alam liar dengan tidak mengotori, mencorat-coret, apalagi merusak situs asli. Jadilah wisatawan yang bertanggung jawab.

Foto: Shutterstock

Related Story

Other Article

Kamis, 09 Maret 2017

Mengenal Budaya dari Tana Toraja

Jumat, 17 Februari 2017

Serunya Berpetualang Ke Kawasan Indochina

Jumat, 10 Februari 2017

Trik Traveling Pasca Pensiun