4 Cara Melatih Otak Agar Fokus Saat WFH di Bulan Ramadan

Tuesday, 28 April 2020

Bulan Ramadan akan datang dalam hitungan hari, namun tahun ini terasa sedikit berbeda. Meski berharap bahwa pandemi COVID-19 sudah berakhir saat Ramadan nanti, namun kita juga harus mempersiapkan diri agar selalu fokus dan berstamina menjalani bulan Ramadan sembari melakukan work from home (WFH).  Situasi ini memang tidak ideal, namun kita harus tetap semangat dan berpikiran positif, bukan?

Ketimbang memenuhi pikiran dengan kekhawatiran semata, lebih baik kamu coba terapkan 4 cara melatih otak agar fokus saat WFH di Bulan Ramadan. Jangan jadikan kondisi ini menjadi alasan untuk tidak produktif, ya! Simak tips berikut.

Tetapkan jam produktif

Bekerja dari rumah memiliki tantangan tersendiri, terutama bagi kamu yang terbiasa dengan ritme jam kantor yang teratur. Namun kamu bisa kok tetap fokus dengan cara menetapkan jam-jam produktif kerja. Mungkin kondisi di rumah memang tidak memungkinkan untuk berkerja nine to five di depan laptop seperti saat kamu berada di kantor, namun kamu bisa mengatur jam produktifmu sendiri. Misalnya bekerja dengan fokus dari pukul 10 – 16 diiringi 2 x 30 menit istirahat. Atau mungkin bekerja dari jam 9 – 17 dengan waktu istrirahat selama 30 menit setiap satu jam. Hanya kamu yang bisa menetukan ritme kerjamu sendiri. Sesuaikan antara target dengan realita dan fokuslah di jam-jam yang sudah kamu tentukan.

Atur tempat kerja

Pilih tempat di rumah yang akan menjadi ruang kerjamu. Misalnya saja di meja ruang tamu. Sebelum mulai jam kerja, persiapkan semua perlengkapan, materi, hingga koneksi internet. Hal ini berguna sebagai antisipasi agar kamu tidak kesulitan mencari hal-hal yang kamu butuhkan saat di tengah-tengah waktu kerja. Jika perlu, kamu juga bisa menggunakan setelan kantor untuk meningkatkan mood bekerja.

Disiplin dengan jadwal

Jangan hanya terpaku untuk menepati jam kerjamu saja. Usahakan juga disiplin dengan jadwal kegiatan yang lain seperti beristirahat, beribadah, berolahraga, dan lainnya. Berkegiatan secara teratur akan membuat pikiranmu tetap segar dan fokus. Jangan pula menunda-nunda jam kerja sehingga kamu justru terpaksa ‘lembur’. Berhentilah di waktu yang sudah kamu tentukan, anggap saja ‘jam pulangmu’ sudah tiba!

Persiapkan stamina

Jika kamu termasuk orang yang menjalankan ibadah puasa, optimalkan waktu makanmu di saat sahur dan berbuka. Sebab di waktu-waktu inilah kamu bisa ‘menabung’ asupan nutrisi untuk tubuh sehingga dapat beraktivitas seharian dengan kondisi tubuh yang prima. Usahakan selalu sahur dan berbuka dengan menu seimbang termasuk di dlamnya karbohidrat, protein hewani atau nabati, sayur, dan buah-buahan. Konsumsi dengan porsi cukup dan tidak berlebihan. Jika perlu, konsumsi suplemen  yang dapat meningkatkan staminaz dan konsentrasi seperti hemaviton Stamina Plus. Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid, Multivitamin dan Mineral di dalamnya mampu membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas. Minumlah dua kapsul setiap hari setelah makan sahur dan berbuka puasa. Stamina tubuh terjaga, pikiran tetap fokus seharian!