Lakukan Ini untuk Tetap Kreatif di Tempat Kerja

Thursday, 23 July 2015

Lingkungan kerja yang begitu-begitu saja ditambah rutinitas dan tekanan deadline bisa membuat otak mumet dan kreativitas tidak berkembang. Padahal salah satu kunci keberhasilan karier adalah kreativitas yang tinggi. Apapun bidang pekerjaanmu, ide-ide segar selalu dibutuhkan. Tapi bagaimana bisa berpikir kreatif kalau otak sudah penuh dengan berbagai hal? Yuk simak tips yang harus kamu lakukan untuk menjaga kreativitasmu tetap ada.

1. Berpikiran positif
Ketika hambatan menghadang dan segala sesuatu terlihat sulit dan tidak mungkin, tetaplah ambil sisi positif dari setiap kejadian yang dialami. Mereka yang selalu berpikiran positif cenderung melihat segala hal dengan lebih ringan. Ini dapat membantumu terhindar dari stres sehingga pikiranmu tidak dipenuhi oleh masalah yang ada.

2. Carilah udara segar
Studi dari Stanford University menunjukkan berjalan-jalan di luar ruangan dapat memperbaiki fungsi otak dan mendorong ide-ide mengalir dengan baik karena meningkatnya aktivitas fisik.

3. Brainstorming
Ajak rekan-rekan kerjamu untuk brainstorming, tidak hanya pada saat ada proyek bersama yang harus dikerjakan, tetapi lakukan juga saat ngobrol makan siang dengan santai. Bertukar pikiran membantu pikiranmu terbuka akan ide-ide baru yang pada akhirnya bisa mendorong lagi ide dari dalam dirimu.

4. Coffee Break
Kreativitas tidak muncul sementara deadline semakin dekat? Mungkin kamu berpikir akan lebih baik kamu total saja tenggelam dalam pekerjaan hingga tenggat waktu tiba. Tapi studi menunjukkan mengambil rehat sejenak seperti minum teh atau kopi bisa membuat pikiran fresh dan membantumu menemukan solusi yang selama ini sulit dicari.

5. Exercise
Mereka yang rutin berolahraga (ringan saja seperti bersepeda) cenderung memiliki performa yang lebih baik dalam pekerjaan yang menuntut kreativitas. Semakin intens latihan fisik yang dilakukan semakin meningkat pula performa bekerjanya. Kamu bisa mulai mencobanya dengan melakukan olahraga yang ringan terlebih dahulu hingga kamu terbiasa.

Untuk menjaga agar kreativitas tetap berkembang, kamu juga membutuhkan stamina tubuh yang bagus untuk mendukung pikiran yang fokus. Penuhi selalu kebutuhan nutrisi harianmu termasuk mikronutrient yang dapat membantu menjaga stamina tubuh tetap bagus dan pikiran tetap fokus meskipun menghadapi aktivitas yang padat seharian.