Susah Menaikkan Berat Badan? Begini Caranya

Wednesday, 22 October 2014

Dunia ini memang adil. Saat ingin kurus, ada juga yang ingin menaikkan berat badan karena merasa terlalu kurus. Pada kenyataannya, menaikkan berat badan sama sulitnya dengan keinginan menurunkan berat badan. Kedua proses ini harus dilakukan dengan cara yang tepat, dengan mengonsumsi makanan yang sehat agar saat berat badan naik tidak memicu penyakit tertentu.

Sama seperti menurunkan berat badan, lebih baik saat menaikkan berat badan menghindari mengonsumsi makanan tinggi kalori, makanan yang berlemak, dan yang mengandung banyak gula. Cara efektif menaikkan berat badan, bisa kamu simpulkan dari poin berikut ini:

Tambah frekuensi makan
Makan langsung dalam jumlah banyak tidak dianjurkan. Lebih baik ubah pola makan dengan menambah frekuensi makan dalam sehari, misal dengan lima sampai enam kali sehari. Minum air cukup sebelum dan sesudah makan, tapi tidak di sela-sela mengonsumsi makanan. Cara ini akan memberikan ruang yang cukup banyak untuk makanan di dalam perut.

Tambah kalori
Ingin naik berat badan dengan cara yang sehat? Konsumsi makanan yang mengandung lebih banyak kalori seperti keju, kacang tanah, atau kacang almond. Camilan ini mengenyangkan namun memiliki kalori sehat yang dibutuhkan oleh tubuh. Kamu juga bisa menambahkan parutan keju atau selai kacang sebagai topping toast, pizza, atau muffin kesukaan.

Tambah konsumsi susu
Konsumsi air putih dengan cukup, tapi kamu bisa menambahkan susu dan turunannya untuk menaikkan berat badan. Tambahkan saat makan oatmeal atau sereal. Saat bikin susu, tambahkan satu sampai dua sendok makan susu bubuk dari porsi biasanya.

Tambah aktivitas tubuh
Tubuh juga harus bergerak meski tujuan ingin menaikkan berat badan. Bedanya dengan proses menurunkan berat badan yang mengurangi asupan makanan, saat ingin berat badan naik, asupan makanan pun perlu ditambah seiring dengan olahraga yang tepat.

Cara yang terpenting adalah konsultasikan kebutuhan tubuh kamu dengan nutritionist atau ahli nutrisi untuk mengetahui kebutuhan tubuh saat ingin menaikkan berat badan. Kebutuhan nutrisi seseorang berbeda-beda, sehingga kamu perlu meminta pertimbangan dari ahlinya.