Tes Kesehatan yang Sebaiknya Kamu Lakukan

Friday, 18 September 2015

Banyak penyakit baru terdeteksi ketika sudah terlanjur parah. Agar tidak terlambat lakukan tes kesehatan secara rutin. Apa saja yang perlu dicek? Ini beberapa di antaranya.

Tes Kolesterol
Lakukan cek kadar kolesterol sejak memasuki usia 20 tahun. Jika hasilnya normal lakukan tes ulang setidaknya setiap 4-6 tahun sekali. Jika hasilnya tidak normal perbaiki gaya hidup dan lakukan tes lebih sering. Check Up ini diperlukan untuk mengetahui risiko penyakit jantung dan gangguan pembuluh darah lainnya.

Tekanan Darah
Cek tekanan darah setiap 1-2 tahun sekali. Tekanan darah tinggi dapat meningkatkan risiko penyakit jantuk, stroke, gagal ginjal, dan sebagainya.

Tes Kepadatan Tulang 
Tes kepadatan tulang dapat membantu deteksi dini terhadap risiko osteoporosis. Wanita terutama dianjurkan melakukan tes ini.

Dental screening
Ini sering diabaikan banyak orang. Padahal kanker mulut seringkali sulit terdeteksi pada stadium awal. Dengan melakukan pemeriksaan gigi dan mulut secara rutin, upaya penanganan lebih dini dapat dilakukan.

Pap smear
Untuk wanita yang telah aktif secara seksual lakukan pap smear setidaknya tiga tahun sekali untuk deteksi dini kanker serviks. Jangan khawatir, tes ini tidak sakit kok. Dokter hanya akan mengambil sampel sel-sel rahim untuk menemukan ada tidaknya infeksi atau kelainan.

Setiap orang memiliki kondisi dan riwayat kesehatan yang berbeda-beda. Selain tes di atas, masih ada lagi kebutuhan untuk melakukan tes lainnya tergantung faktor risiko (genetis dan kondisi fisik) dari masing-masing individu. Jika hasil tes kamu kurang baik, jangan dulu kecil hati. Segera lakukan perbaikan gaya hidup dan pola makan. Seimbangkan waktu bekerja dan istirahat. Jangan lupa jaga selalu kondisi tubuhmu meski aktivitas sedang padat dengan berolahraga secara teratur, istirahat yang cukup, menjaga asupan makan dan mengonsumsi multivitamin untuk melengkapi kebutuhan nutrisi harianmu. Minum hemaviton Stamina Plus yang mengandung semua gizi yang penting bagi tubuh seperti Multivitaminm, Mineral, Ginseng dan L-Glutamic Acid  yang diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan stamina dan konsentrasi. 

Foto: Shutterstock