Cara Awet Menyimpan Daging di Dalam Kulkas

Wednesday, 07 September 2016

Hari raya Idul Adha adalah adalah momen yang istimewa. Pada kesempatan tersebut, orang-orang saling berbagi dengan menyembelih hewan kurban (umumnya sapi, kambing, atau kerbau) dan membagikan dagingnya. Tidak heran pada hari raya Idul Adha, masakan dengan bahan utama daging seperti semur atau rendang sangat populer. Namun, tidak semua orang langsung mengolah daging kurbannya pada hari yang sama. Banyak pula yang menyimpan daging di lemari pendingin untuk mengolahnya di kemudian hari. Sebelum menyimpan daging di kulkas, ada baiknya mengikuti langkah–langkah penyimpanan berikut ini agar daging lebih awet.

1. Gunakan peralatan khusus
Jika kamu membeli daging di supermarket, mungkin kamu bisa saja langsung menyimpannya di dalam freezer. Namun ini berbeda dengan daging segar yang berasal dari hewan kurban. Sebelum menyimpannya di kulkas, bersihkan dulu daging dengan menyeluruh. Pertama, pastikan kondisi tanganmu sudah bersih. Begitu pula peralatan memotong daging seperti talenan dan pisau. Usahakan kamu punya talenan dan pisau khusus daging yang berbeda dengan talenan dan pisau untuk bahan makanan lain. Agar bakteri yang terdapat pada daging mentah tidak menyebar ke peralatan masak lain.

2. Cara mengemas daging
Pisahkan bagian daging dengan jeroan. Pasalnya, ketahanan jeroan lebih pendek daripada daging. Jika kamu tidak memisahkannya, dikhawatirkan jeroan yang kualitasnya sudah mulai turun akan memengaruhi kualitas daging juga. Kamu juga tidak perlu mencuci daging, karena daging sapi yang terlalu banyak menyerap air teksturnya akan berubah jadi alot. Lebih baik potong daging kecil-kecil dan kemas daging mentah dalam wadah tertutup yang kedap udara. Cucilah daging sesaat sebelum diolah saja.

3. Suhu terbaik
Tidak ada waktu pasti berapa lama daging akan bertahan. Keawetan daging bergantung bagaimana kualitas dan daging dan cara mengemasnya. Jika kualitasnya baik dan dikemas dengan benar, daging bisa tahan sampai dengan 4 bulan. Namun pastikan daging diletakkan dalam freezer dengan suhu -18°C (atau lebih kecil). Kondisi freezer harus dalam kondisi bersih agar daging tidak menjadi bau.

4.Saat mati listrik
Tidak tertutup kemungkinan, rumahmu mengalami mati listrik saat daging tersimpan di kulkas. Jika hal ini terjadi, hindari membuka freezer. Lebih baik biarkan dalam kondisi tertutup untuk mempertahankan suhu dingin selama mungkin hingga listrik kembali menyala.