Bikin Mood Lebih Asyik dengan Musik

Monday, 31 August 2015

Musik bisa memberi pengaruh bagi mood seseorang. Marah, kesal, sedih, cemas bisa berubah setelah mendengarkan musik. Menurut peneliti dari University of Gronigen tidak sekadar itu saja, musik juga sanggup mengubah bagaimana kita memandang dunia. Saat kita merasa down rasanya seluruh dunia menghakimi dan menyerang kita, tapi mood yang lebih baik dapat menyingkirkan semua pandangan negatif kita terhadap dunia. Lalu musik apa yang pas didengarkan untuk membuat suasana hati kita lebih baik?

Saat sedih
Peneliti dari Freie Universitat Berlin mengungkapkan mendengarkan musik melankolis tidak akan menenggelamkan kita dalam kesedihan. Justru musik melankolis dapat membangkitkan reaksi emosi kompleks yang berujung pada kelegaan dan perasaan puas.

Saat marah
Menurut studi dari University of Queensland musik ekstrim seperti heavy metal, hardcore, dan sejenisnya dapat membantu memproses kemarahan. Genre musik tersebut dapat mengeksplorasi keseluruhan emosi yang seseorang rasakan sekaligus membantu seseorang tetap aktif dan mendapat inspirasi.

Saat cemas
Kecemasan bisa bikin stres, lho. Lepaskan dengan mendengarkan musik dengan ketukan nada rendah karena bisa membantu tubuh dan otot yang tegang menjadi lebih relaks. Pilih musik bernada lembut atau easy listening.

Saat malas
Mager alias malas bergerak? Merasa kurang termotivasi untuk melakukan aktivitas? Setel musik dengan irama upbeat. Irama yang riang bagaikan supporter yang mendorongmu untuk mulai bergerak.

FOTO: Shutterstock