7 Manfaat Cokelat Bagi Kesehatan

Wednesday, 23 November 2016

Cokelat yang kamu sukai ternyata punya banyak manfaat kesehatan. Berikut ini adalah 7 manfaat cokelat yang bisa bikin kamu tambah sering ngemil cokelat. Apa saja ya?

1. Kaya Kandungan Gizi
Dark chocolate yang memiliki tingkat kandungan kakao yang tinggi ternyata punya mengandung zat-zat penting yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya adalah serat dan berbagai mineral penting seperti zat besi dan magnesium. Namun, setiap 100 gram cokelat juga 600 kalori dan sedikit kandungan gula. Oleh karena itu, untuk mendapatkan manfaatnya, kamu bisa mengonsumsi dark chocolate dalam porsi kecil setiap hari.

2. Memperbaiki Tekanan Darah
Di dalam dark chocolate terdapat kandungan flavanol yang dapat menstimulasi endothelium atau lapisan pembuluh arteri untuk memproduksi Nitric Oxide (NO). Salah satu fungsi NO adalah memberikan sinyal kepada pembuluh darah agar lebih relaks. Efeknya, tekanan darah menjadi lebih teratur. Tentu saja khasiatnya tidak bisa dirasakan langsung, tetapi setelah kamu mengonsumsi cokelat secara teratur ya!

3. Meningkatkan Fungsi Otak
Sebuah studi membuktikan bahwa setelah dikonsumsi selama 5 hari, cokelat dengan kandungan flavanoid kakao tinggi dapat meningkatkan aliran darah ke otak. Kokoa juga dapat meningkatkanfungsi kognitif pada orang tua dengan gangguan mental. Bahkan, bisa meningkatkan kemampuan verbal dan menurunkan beberapa risiko penyakit. Selain itu kokoa juga memiliki kandungan kafein sehingga dapat meningkatkan fungsi otak dalam waktu singkat.

4. Menyehatkan Jantung
Ternyata cokelat juga dapat menurunkan risiko penyakit jantung. Hal ini terkait dengan manfaat cokelat yang dapat menurunkan tekanan darah dan memiliki kandungan antioksidan. Namun, cokelat biasanya sudah diolah sehingga mengandung gula, susu, dan mentega juga. Itu sebabnya mengonsumsi cokelat harus dilakukan beriringan dengan olahraga yang teratur.

5. Obat Batuk
Salah satu studi menyebutkan bawa dark chocolate bisa berkhasiat meredakan batu, hampir seampuh kodein. Hal itu dikarenakan adanya kandungan theobromine di dalamnya. Kandungan kimia ini memberikan efek nyaman atau lega yang dapat menekan aktivitas saraf vagus pada otak. Hasilnya batuk akan membaik dan yang pasti, rasa cokelat jauh lebih baik daripada kodein.

6. Sumber Antioksidan
Cokelat adalah salah satu sumber antioksidan yang baik untuk tubuh. Antioksidan sangat baik untuk menghancurkan radikal bebas yang dapat menyebabkan penyakit jantung, gangguan pernafasan, hingga kanker. Nah, jika kamu sering terpapar radikal bebas, tak ada salahnya meningkatkan konsumsi cokelat.

7. Perlindungan untuk Kulit
Cokelat yang memiliki kandungan flavanoid tinggi ternyata bisa melindungi kulit dari dampak buruk sinar matahari. Sebuah penelitian membuktikan bahwa setelah subjek mengonsumsi cokelat dengan kandungan flavaoid tinggi selama 3 bulan, kulitnya lebih sulit memerah yang merupakan salah satu indikasi terbakarnya kulit. Singkatnya, cokelat bisa membantu mempertahankan kecantikan dan kesehatan kulit. Jika kamu ingin punya kulit indah, konsumsilah cokelat secara teratur.  Jangan lupa juga untuk mengonsumsi vitamin E, C, betacarotene, serta mineral penting lainnya untuk menjaga keremajaan dan memperbaiki sel-sel kulit. Dapatkan seluruh manfaat tersebut dalam hemaviton Skin Nutrient. Asupan cokelat ditambah dengan hemaviton Skin Nutrient akan membuatmu semakin cantik bersinar.