Tips Sukses di Usia 20-an

Thursday, 20 November 2014

Masih ingat Steve Jobs dan Mark Zuckerberg? Kedua orang yang sangat berpengaruh di dunia ini dikenal meniti karir dari usia yang muda seperti kamu sekarang. Ya, di umur 21, Steve Jobs menciptakan Apple Computer dari garasi rumahnya dan mendulang sukses beberapa tahun kemudian, hingga mempengaruhi kehidupan dunia.

Belum terlambat kalau kamu ingin memulai kesuksesanmu, coba lakukan beberapa hal berikut ya agar usia 20-anmu tidak berlalu begitu saja.

Mengatur waktu
Banyaknya jam bebas ketika kuliah terkadang membuat terlena di usia 20-an. Waktu yang ada biasanya diisi dengan bersantai atau hang out bersama teman. Padahal di usia ini adalah masa krusial untuk memulai hidup. Daripada membuang waktu sia-sia, mulailah menyusun jadwal sehari-hari dirimu sendiri. Tentukan skala prioritas dalam membangun karir, kehidupan pribadi , selain juga harus memikirkan waktu untuk me time. Cobalah mengutak-atik terus aktivitas yang kamu lakukan setiap hari, sehingga kamu bisa melihat di mana waktu yang tepat untuk memprioritaskan bisnis atau kehidupan pribadi.

Manfaatkan smartphone dengan tepat
Menjadi smartphone-addict tidak masalah, asal kamu bisa memakainya dengan cara yang tepat. Jika kamu eksis di Facebook atau Twitter, manfaatkan kedua social media ini untuk belajar berbisnis. Serap ilmu dari tokoh-tokoh yang sering memberi tips dan trik untuk membuat sesuatu dari social media bisa jadi jalan keluarnya. Kembangkan juga networking-mu dengan tepat lewat social media. No junk no spam, tapi bertanggungjawablah pada setiap yang kamu postingkan.

Bertualanglah
Mulai dari social media kamu mungkin akan menemukan dunia yang luas di luar kotakmu. Pada usia ini kamu sudah cukup dewasa untuk menjelajah dunia baru, belajar dari orang lain, melihat dan mengamati lingkungan di luar kebiasaanmu sehari-hari. Petualangan yang tepat akan membuka pikiran dan cara berpikirmu sehingga akan memberikan  pengalaman luar biasa sepanjang hidup.

Mengenal diri sendiri
Periode ini sangat tepat untuk mencari tahu apa passion dan bakat yang bisa kamu kembangkan. Bahkan kamu bisa mengukur juga sejauh mana kekuatanmu bisa diadu, keterampilanmu bisa diandalkan, dan kelemahanmu bisa ditutupi. Mengenal pribadimu sendiri akan memberikan ketenangan dalam berpikir dan mengambil langkah-langkah yang diperlukan untuk lebih sukses lagi.

Kalau pun kamu masih sangat muda dan masih belum menginjak umur 20-an, kenapa tidak mencoba tips di atas? Memulai sejak dini akan memberimu kesempatan untuk terus berusaha karena tidak ada kesempatan kedua mengulangi umur yang sama. Kalau gagal, kegagalan itu pun akan menjadi pengalaman berharga dalam hidupmu.