Ini Beda Budaya Kerja antara 3 Generasi : Baby Boomers, Gen X, dan Gen Y alias Millenials

Friday, 23 March 2018

Sadar atau tidak, dunia kerja saat ini didominasi dengan tiga generasi berbeda. Secara garis besar, mereka bisa dibagi menurut tahun kelahirannya: Generasi Baby Boomers adalah yang tertua, lahir sekitar awal tahun 1940an sampai pertengahan 1960an; dilanjutkan Generasi X yang lahir sekitar akhir tahun 1960an sampai tahun 1980; dan yang ketiga Generasi Y, para anak muda kelahiran 1981 sampai menjelang tahun 2000 yang sering disebut sebagai Millennials. Kalau kamu sendiri yang mana? Agar lebih mudah menyesuaikan diri saat bekerja, ketahui yuk perbedaan budaya kerja yang dianut masing-masing generasi berikut ini:

Baby Boomers
Budaya kerja Baby Boomers yang cenderung mencari kemapanan, workaholic dan super disiplin. Ini ada hubungannya dengan masa kecil mereka yang keras. Kehidupan yang serba sulit di awal masa kemerdekaan membuat generasi ini benar-benar berjuang untuk mencapai sukses. Mereka cenderung workaholic dan berlomba-lomba meniti karier di perusahaan demi membangun identitas mereka.

Gen X
Beda dengan orangtuanya para baby boomers, Gen X ini nggak hanya jago work hard tapi juga diimbangi dengan play hard. Sejak kecil, orangtua mereka yaitu para baby boomers memberikan mereka banyak kebebasan dalam mengekspresikan dirinya. Akhirnya mereka tumbuh menjadi generasi yang mandiri dan mulai ingin mencari keseimbangan hidup di luar dunia kerja. Tak ingin jadi workaholic juga, mereka pun menganut motto work smarter, not longer.

Gen Y / Millenials
Sedangkan untuk kaum Millenials, budayanya malah cenderung lebih entrepreneurial dan suka mencari penghasilan di luar kantor. Ini karena Gen Y adalah generasi yang menghargai kebahagiaan pribadi serta individualitas. Semangat toleransi mereka cukup tinggi terhadap berbagai perbedaan yang ada di sekitar mereka. Selain itu, mereka juga dikenal gigih dan ambisius. Mereka juga merupakan generasi pertama yang mulai merasakan manfaat teknologi dan internet di masa mudanya, oleh karena itu mereka pun cenderung pandai multitasking.

Seperti apapun budaya kerja yang kamu anut, hemaviton Energy tetap setia menemani kamu melangkah menuju kesuksesan dan karier yang makin cemerlang! Kombinasi Ginseng Extract, Taurine & Multivitamin menjadi sumber energi instan kapanpun dibutuhkan. Recharge your energy dengan hemaviton Energy agar kerja terasa lebih bersemangat!