10 Tanda-tanda Kecanduan Smartphone

Wednesday, 25 November 2015

Rasanya wajar jika keseharian dijalani dengan smartphone. Urusan pekerjaan, komunikasi, dan pertemanan jadi lebih lancar dilakukan. Tetapi ada lho batasan antara kebutuhan dengan ketergantungan. Memang banyak orang yang merasa powerless tanpa smartphone, tapi sejauh mana sih seseorang dapat dikatakan kecanduan smartphone? Ini ciri-ciri yang dapat kamu lihat.

1. Mengecek ponsel untuk mengetahui pukul berapa sekarang padahal kamu memakai jam tangan.
2. Tidak keberatan menunggu lama selama bisa asyik dengan smartphone-mu.
3. Merasa bisa melakukan hal multitasking (mengetik teks, sambil berjalan dan mengobrol), padahal jelas teman bicaramu yakin kamu tidak menyimak dengan baik.
4. Tidur dengan smartphone di dekatmu, bahkan masih dalam genggaman tanganmu.
5. Terbangun tengah malam hanya untuk mengecek ponsel dan kecewa kalau tidak ada notifikasi dari media sosialmu.
6. Saat menghadiri konser sibuk merekam adegan dengan ponselmu dan melihat hasilnya ketimbang menikmati konser itu sendiri.
7. Membawa ponsel ke kamar kecil. Bukan semata urusan higienitas, tapi haruskah hal mendasar dari aktivitas manusia yang mutlak bebas gangguan pun kamu 'nodai' dengan terus memainkan keypad?
8. Bersedia mengurangi budget untuk makanan dan kebutuhan pokok lainnya demi memenuhi kebutuhan pulsa internet.
9. Menghindari interaksi sosial demi menghabiskan waktu dengan ponselmu.
10. Mengalami kecemasan luar biasa saat ponsel rusak atau hilang dan harus beraktivitas tanpanya selama lebih dari satu hari

Bagaimana? Apakah kamu memiliki tanda-tanda tersebut. Hati-hati ya, kecanduan ponsel selain bisa menyebabkan kamu terisolasi dari lingkungan, gangguan kesehatan seperti kelainan otot pada leher dan jari tangan, hingga kematian akibat kecelakaan (karena menyetir sambil sms-an). Kurangi perlahan-lahan ketergantunganmu terhadap ponsel. Gunakan sewajarnya. Masih banyak kok aktivitas mengasyikkan yang bisa kamu lakukan tanpa ponsel.

Foto: Shutterstock