Sesuaikan Aktivitasmu dengan Jam Biologis!

Tuesday, 06 December 2016

Tahukah kamu kalau tubuh manusia bisa mendeteksi waktu tanpa dibantu jam? Yep! Tubuh kita, termasuk makhluk hidup lainnya, dilengkapi dengan jam biologis internal yang mengatur berbagai fungsi penting dalam tubuh. Jam ini berhubungan erat dengan siklus siang dan malam. Jadi, secara alami tubuh manusia memang didesain untuk tidur di malam hari, dan bekerja di siang hari. Pola seperti ini disebut juga sebagai ritme sirkadian (Circadian Rhythm). Ritme jam tubuh ini juga sudah lama dikenal dalam ilmu kesehatan tradisional Cina Qigong.  Simak penjelasannya berikut ini :

Pagi
5-7am :
Waktunya bangun dan melakukan meditasi atau ritual sesuai agama masing-masing. Selain itu, pada rentang waktu ini usus besar perlu dibersihkan, sehingga biasakan untuk BAB sebelum melewati jam 7 pagi.

7-9 am : Pada jam 8-9 pagi hormon kortisol mengalami peningkatan drastis, memberi sinyal agar kita bangun dan sadar penuh. Oleh fungsi alami kortisol ini, sebenarnya kopi tidak dibutuhkan oleh tubuh pada rentang waktu ini. Hormon testosteron pria dewasa juga meningkat pada pukul 8 pagi, baik untuk melakukan hubungan suami istri.

9-11 am : Untuk penyuka kopi, usir rasa kantuk dengan minum kopi pada jam 10.30 pagi di saat hormone kortisol turun, agar hasilnya efektif.

Siang
11-1 pm :
Di saat ini sirkulasi darah akan meningkat, dan tubuh akan mengolah energi agar kita bisa bergerak dengan gesit dan penuh stamina.  Untuk kamu yang bekerja di lapangan, ini adalah saat yang tepat untuk menyelesaikan pekerjaan yang paling menuntut tenaga fisik. Jangan lupa makan siang, lengkap dengan lauk yang sehat.

1-3 pm : Energi tubuh dipakai untuk mencerna makanan dan usus halus mulai menyerap makanan. Alhasil tubuh pun mulai terasa berat. Coba power nap alias tidur siang 5-20 menit ketika rasa kantuk mulai tak tertahankan. Bangunlah lagi sebelum jam 3 sore.

Sore
3-5 pm :
Bangun dari power nap, ini waktu yang paling tepat untuk melakukan pekerjaan yang menuntut konsentrasi tinggi. Kalau kamu perlu mempelajari hal baru, lakukan pada jam ini. Jam 3.30 sore kamu akan merasakan gerakan dan refleksmu makin lincah dan gesit. Pada jam 4 sore tubuh akan mengolah kelebihan energi dari makanan yang sudah diasup menjadi cadangan gula dan lemak. Jadi untuk kamu yang suka ngemil di jam ini, lebih baik ditahan ya agar berat badan tetap terjaga. Frekuensi buang air kecil juga akan jadi lebih sering, karena ini saatnya tubuh mengeluarkan cairan sisa metabolisme.

5-7 pm : Fungsi jantung dan pembuluh darah menjadi sangat efisien pada jam 5 sore. Pada rentang waktu ini sangat disarankan untuk berolahraga karena paling efektif dalam membakar lemak berlebih, menambah kekuatan otot, dan melatih fungsi kardiovaskular. Jangan lupa minum air putih untuk membantu kerja ginjal membersihkan racun dalam tubuh. Pada jam 18.30 biasanya tubuh akan mengalami peningkatan tekanan darah secara alami, jadi jangan mengonsumsi makanan yang berkolesterol dan berkadar garam tinggi agar tekanan darah tetap terkontrol. Makan malam dilakukan setelah olahraga, antara jam setengah 6 sampai jam 7 malam.

Malam
7-9 pm :
Tubuh akan terasa panas, karena system pencernaan sedang bekerja. Ini saatnya relaksasi, kamu bisa melakukan perawatan tubuh atau melakukan hobi kesukaanmu. Pada jam 8 malam hormon testosterone juga meningkat drastis, cocok untuk merawat keintiman suami istri. Aktivitas yang dilakukan pada jam 8-9 malam akan memakai energi cadangan sehingga kadar gula darah akan menurun.

9-11 pm : Ini adalah rentang waktu yang tepat untuk mulai beristirahat malam, karena tubuh mulai memproduksi hormone melatonin yang memberi sinyal rasa kantuk.


Tengah Malam
11-1 am :
Di jam ini kamu tak boleh menunda tidur. Tubuh melakukan regenerasi sel dan memperbaiki sel-sel tubuh yang rusak. Kalau kamu sedang dalam masa penyembuhan luka, sakit, atau penyakit lainnya, ini adalah waktu yang krusial untukmu . Usahakan kamu benar-benar sudah tidur ya.

1-3 am : Jam 2 subuh adalah waktu tidur yang paling lelap. Pada rentang jam ini tubuh pun mengalami detoksifikasi terutama pada hati dan peredaran darah.

3-5 am : Suhu tubuh berada di titik paling rendah. Tidur lelap masuk ke fase memori mulai muncul mimpi. Paru-paru mengalami detoksifikasi. Kalau bisa, atur timer AC kamu untuk mati secara otomatis pada rentang waktu ini.

Aturan jam biologis tubuh ini sebaiknya tidak dilanggar, karena bisa berdampak buruk pada metabolisme tubuh. Sebaliknya, kitalah yang harus menyesuaikan aktivitas dengan jam biologis alami. Jika perlu, minumlah hemaviton Action untuk membantumu menyelesaikan pekerjaan dengan stamina dan energi yang selalu prima! hemaviton Action mengandung zat gizi yang sangat penting bagi tubuh, yaitu vitamin, mineral, ginseng, creatine, guaranine, magnesium, zinc, sampai asam folat.