5 Menu a la Jepang yang Enak dan Rendah Kolesterol

Tuesday, 06 November 2018

Makanan Jepang termasuk jenis makanan yang cukup populer di seluruh dunia. Jika kamu traveling keluar negeri, restoran Jepang termasuk menu yang ‘aman’ dipilih dikala kamu bingung memilih makanan. Di Indonesia sendiri, restoran Jepang juga semakin menjamur dan cukup banyak diantaranya yang menyajikan dengan rasa yang lezat dan pas di lidah. Ternyata makanan dari negeri sakura ini bukan hanya lezat, tetapi juga sehat. Berikut ini adalah beberapa jenis makanan a la Jepang yang sehat rendah kolesterol yang bisa kamu coba.

  • Sup Miso

Sup Miso terbuat dari kedelai yang difermentasi sehingga setiap mangkuknya kaya dengan isoflavon. Pada Oktober 1999, Food and Drug Administration Amerika Serikat mengklaim kedelai memiliki manfaat menurunkan tingkat kolesterol dalam tubuh. Menurut klaim tersebut, 25 gram protein kedelai per hari yang mengandung isoflavon alami mampu menurunkan tingkat LDL alias kolesterol jahat hingga 10%. Rasa sup miso asin dan gurih, biasanya diberikan potongan tofu dan rumput laut (wakame) sebagai isiannya.

  • Rumput Laut

Rumput Laut dan makanan jepang adalah suatu yang tak terpisahkan. Rumput laut kering (nori)  sering dijadikan taburan pada nasi dan lauk pauk, menjadi ‘pembungkus’ untuk sushi, bahkan dimakan langsung sebagai teman makan nasi. Selain bisa memberikan rasa gurih pada hidangan, rumput laut mengandung banyak komponen yang dibutuhkan tubuh seperti zinc, selenium, iodine, dan, vitamin B12. Selain itu rumput laut juga dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol.

  • Tofu

Bahan makanan satu ini sangat sering digunakan bukan hanya pada masakan Jepang, tetapi juga makanan dari negara-negara Asia Timur lainnya seperti Tiongkok dan Korea. Tofu bukan hanya lezat dan mudah diolah menjadi berbagai jenis menu makanan, tetapi juga kaya protein dan tidak menyebabkan kolesterol. Hal ini juga dikarenakan tofu biasanya tidak dimasak dengan minyak yang berlebihan, namun lebih sering ditumis dengan sedikit minyak ataupun campuran sup.

  • Nigiri sushi

Anda mungkin telah mencoba berbagai macam sushi, namun di antara berbagai macam sushi salah satu yang paling sehat adalah nigiri sushi. Nigiri sushi, adalah sushi dengan topping irisan tipis raw seafood seperti salmon, tuna, squid, dan seafood segar lainnya. Apapun jenis seafoodnya, yang pasti kamu akan mendapatkan banyak protein dan nustrisi dengan lemak yang sangat sedikit.

  • Sashimi

Sama seperti nigiri sushi, sashimi juga kaya akan protein dan rendah lemak. Bedanya, sashimi tidak harus berupa irisan seafood, tetapi juga daging sapi atau ayam. Disajikan di atas es batu (untuk menjaga kesegarannya), dan dimakan tidak bersama dengan nasi.

Dengan demikian, kamu tidak perlu ragu lagi untuk menyantap berbagai makanan Jepang khususnya jenis-jenis di atas karena relatif rendah kolesterol. Selain mengonsumsi makanan yang rendah kolesterol, kamu juga bisa menjaga kadar kolesterol tetap aman dengan mengonsumsi hemaviton Cardio. Kandungan Phytosterol di dalamnya dapat membantu memblok kolesterol yang terkandung pada makanan agar tidak masuk ke dalam darah. Dilengkapi juga dengan Vitamin dan Mineral antioksidan penting untuk menghambat penumpukan kolesterol di dinding pembuluh darah sehingga menurunkan kolesterol dalam darah. Dengan mengonsumsi hemaviton Cardio secara teratur, kamu akan merasa lebih aman mengonsumsi jenis makanan apapun!