Dos and Donts Berolahraga Sepulang Kerja

Thursday, 27 October 2016

Anda tak punya waktu olahraga dan hanya sempat melakukannya setelah bekerja? Sebaiknya manfaatkan kesempatan ini semaksimal mungkin. Ingatlah kata pepatah “the best time to work out is whenever you have the time”. Nah, agar fisikmu terlatih secara optimal dan siklus tidur tidak terganggu, ikuti saran berikut:

Do’s
Pemanasan cukup

Bekerja di luar seharian memang menuntut tubuh banyak bergerak, namun ini tidak berarti otot tubuhmu siap untuk dilatih olahraga. Lakukan pemanasan sesuai porsinya agar tubuh tidak kaget saat harus melakukan workout training (baca juga: Cara Menghindari Cedera Saat Berolahraga). Kamu bisa mengembalikan stamina dan energimu dengan minum hemaviton Action yang mengandung Sari Ginseng murni, Creatine, Guaranine, dan Extra Zinc, serta kombinasi multivitamin dan mineral esensial untuk metabolisme tubuh.

Berolahraga ketika sore
Sebuah studi dari tahun 2014 yang dipublikasikan di situs Mercola.com menunjukkan olahraga akan paling bermanfaat di sore hari ketimbang di pagi atau malam hari.

Indoor, lebih baik 
Berbeda dengan olahraga di pagi hari yang terasa lebih segar saat dilakukan di luar ruangan, olahraga pada sore atau malam hari sebaiknya dilakukan dalam ruangan.

Olahraga pilihan
Olahraga angkat beban dan yoga yang dilakukan di dalam ruangan tepat untuk kamu lakukan di malam hari. Olahraga tipe martial arts seperti kickboxing dan tinju juga cocok untuk melepas penatmu setelah stres bekerja seharian, tetapi usahakan kamu tetap berada di dalam ruangan tanpa harus terpapar udara dingin di malam hari.

Olahraga sebelum makan
Dengan pengaturan ini kamu akan makan malam dengan lebih nyaman. Berolahraga dengan perut kosong juga akan membakar lebih banyak lemak yang tersimpan dalam tubuh.
 

Dont’s
Jangan kemalaman

Berolahraga hingga larut malam akan mengakibatkan suhu tubuh yang terlalu tinggi dan menyebabkan kamu merasa tidak nyaman untuk tidur. Hormon kortisol yang biasanya menurun menjelang waktu tidur juga akan meningkat jika kita berolahraga, sehingga siklus tidur bisa terganggu.

Jangan dipaksakan
Jika kamu sudah lembur, ada baiknya kamu menurunkan porsi work-out kamu sehingga pada saat latihan kamu tetap bisa fokus dan tidak terganggu rasa kantuk. Jika kamu lembur sampai larut malam, lebih baik tunda olahragamu. Ingat, kehilangan satu sesi lari lebih baik daripada siklus ritme Sirkadian yang rusak.