7 Film Bertema Nasionalisme yang Wajib Kamu Tonton

Monday, 31 August 2015

Merosotnya nilai rupiah, maraknya korupsi, sampai semrawutnya sejumlah aturan di dalam negeri tidak jarang bikin kita maunya hengkang saja dari negeri kita tercinta. Tapi emosi tidak akan membawa kita kemana-mana. Siapa lagi yang akan memajukan negeri ini kalau bukan kita sendiri. Tapi butuh cinta yang besar untuk mau bergerak demi kemajuan bangsa ini. Ada berbagai cara memupuk nasionalisme. Salah satu cara menyenangkan adalah dengan menonton film-film yang bertema nasionalisme. Ini beberapa di antaranya!

1.    Garuda di Dadaku
Olahraga menjadi salah satu media yang bisa mengangkat nama bangsa di kancah dunia. Dalam film ini dikisahkan Bayu (Emir Mahira) yang masih kelas 6 SD sangat menggemari sepak bola. Bakatnya yang menonjol membuat ia dicalonkan untuk ikut seleksi Tim Nasional U-13 yang akan mewakili Indonesia di laga internasional. Berbagai rintangan harus ia hadapi untuk dapat terus berlatih termasuk tentangan dari kakeknya.

2.    Tanah Air Beta
Ketika Timor Leste berpisah dari Indonesia, Tatiana (Alexandra Gottardo) dan Merry (Griffith Patricia) memilih tinggal di Indonesia meski harus berpisah dengan anak laki-lakinya, Mauro. Tatiana harus menjalani hidup yang cukup keras di kamp pengungsian di tengah kerinduan pada putranya yang harus ia tinggalkan karena suatu alasan. Suatu hari Merry diam-diam pergi ke perbatasan untuk mencari kakaknya, perjalanan yang penuh petualangan. Berkumpul kembali menjadi keluarga yang utuh ternyata tidak mudah.

3.    Merah Putih
Mengisahkan perjuangan pemuda dari ragam etnis dan keyakinan berbeda dalam melawan penjajah. Perbedaan tidak menghalangi mereka untuk bersatu melawan penindasan. Bagaimanapun strategi dan peralatan perang menjadi tidak berguna jika dalam kelompok terjadi perpecahan.

4.    Habibie – Ainun
Banyak yang dapat kita teladani dari sosok Habibie. Meski film ini digembar-gemborkan karena kisah cintanya yang mengharukan, namun dalam film ini juga digambarkan sosok Habibie yang tegas dalam menomorsatukan kepentingan negara. Menolak suap, sampai memilih kembali ke Indonesia meski telah mapan di negeri orang. Kerja keras sampai larut tanpa mengeluh juga dilakukan Habibie demi kemajuan negara.

5.    King
Mengisahkan perjuangan Guntur (Rangga Raditya) seorang anak yang mengidolakan Liem Swie King, juara dunia bulu tangkis. Ia berjuang dan berlatih keras demi mendapatkan beasiswa bulutangkis demi cita-citanya menjadi juara dunia mengharumkan nama Indonesia seperti Liem Swie King.

6.    5 cm
Kisah perjalanan lima orang sahabat ke puncak Mahameru untuk mengibarkan bendera tepat pada perayaan kemerdekaan.  Meski didominasi oleh kisah cinta dan persahabatan, namun perjalanan yang penuh tantangan diselingi dengan gambar keindahan alam yang berulangkali tersaji akan menggugah kembali rasa cinta dan kebanggaan terhadap Indonesia dan alamnya yang indah.

7.    Bendera
Apa jadinya jika dua orang anak sekolah dasar mendapat giliran menjadi petugas bendera saat upacara? Budi (Hafidz Khoir) mendapat tugas mencuci bendera, namun ia lalai hingga bendera tersebut hilang. Ia dan sahabatnya, Rosi (Nuansa Jawadwipa) pun bertualang mencari bendera yang hilang.

Foto: Shutterstock