Tunda Penuaan Kulit dengan Cara Ini!

Friday, 12 August 2016

Di usia muda, kamu mungkin sering cuek dan kurang memerhatikan perawatan kulit. Akibatnya memang tidak langsung terasa karena di usia muda metabolisme tubuh masih berada dalam kondisi prima, regenerasi kulit relatif cepat, dan produksi collagen masih optimal. Namun menginjak usia 40-an nanti, ketidakpedulianmu terhadap perawatan kulit saat muda akan mulai menunjukkan efeknya. Penuaan adalah hal yang wajar, tetapi siapa yang tidak mau tetap memiliki kulit cantik di usia 40 nanti? Yuk, simak tip menunda penuaan yang bisa kamu lakukan sejak usia muda berikut ini.

Mengubah pola diet
Kalimat “You are what you eat” bukan sekedar kata pepatah. Makanan yang kamu konsumsi memang memengaruhi kondisi tubuh serta kulitmu. Jika ingin memiliki kulit cantik, hentikan kebiasaan makan tidak sehat seperti gorengan dan makanan berlemak. Selain sayur dan buah, perbanyak juga konsumsi protein sehat seperti ikan dan makanan lain yang kaya antioksidan.

Ayo, berkeringat!
Olahraga terbukti dapat memperlancar sirkulasi darah dalam tubuh. Aliran darah dan asupan oksigen yang lebih baik, dapat mendorong produksi collagen yang lebih baik pula. Jadi, jangan takut untuk bergerak dan berkeringa. Keringat tidak akan menyumbat pori-pori kulit kok. Sebaliknya, keringat menjadi salah satu bentuk keluarnya detoks dari dalam tubuh sehingga kulit tampak lebih berseri.

Beauty sleep
Meskipun sulit, coba usahakan memiliki waktu tidur yang stabil selama 7-8 jam setiap hari. Kecukupan waktu tidur sangat memengaruhi kondisi kulitmu. Saat kurang waktu tidur, kerutan akan lebih mudah muncul, begitu pula dengan dark circle. Tidaknya lama waktu tidur yang harus kamu perhatikan, posisi tidurpun perlu diperhatikan. Jika kamu terlalu sering tidur miring ke salah satu sisi kiri atau kanan selama bertahun-tahun, maka bagian wajah tersebut akan lebih mudah muncul kerutan. Posisi tidur yang terbaik adalah posisi terlentang dengan punggung lurus.

Musuh utama kulit
Faktanya, 90% kerusakan kulit disebabkan oleh sinar matahari. Oleh karena itu, lindungi selalu kulitmu dengan tabir surya dengan tingkat SPF 30 atau lebih sekalipun aktivitas harianmu dilakukan di dalam ruangan. Hindari juga paparan sinar matahari langsung mulai pukul 10.00 – 15.00.

Stop alkohol dan rokok
Kebiasaan merokok dan minum minuman berakohol dapat menyebabkan kulit kering. Bahkan, merokok disinyalir sebagai penyebab keriput terbanyak kedua setelah sinar matahari. Hal ini dikarenakan merokok dapat merusak jaringan kolagen, dan saat kolagen rusak, otomatis kerutan akan bermunculan, sekalipun kamu masih berusia muda. Yuk, hentikan kebiasaan ini segera.

Mengaplikasikan kafein
Kandungan kafein dalam kopi memang bisa menyebabkan dehidrasi jika diminum terlalu sering. Namun ketika diaplikasikan pada kulit, melalui masker atau lulur kopi misalnya, kafein dapat mengurangi kerusakan kulit yang disebabkan oleh sinar matahari. Wah, layak dicoba ya.

Bersihkan wajah
Kotoran menjadi salah satu sumber masalah kulit, seperti jerawat dan komedo. Agar masalah kulit ini tidak berlanjut hingga tua nanti, jangan lupa membersihkan kulit setiap hari, khususnya saat bangun tidur, seteleh bepergian, dan menggunakan makeup.

Vitamin untuk kulit
Sering memakai produk skincare dengan kandungan vitamin C dan E di dalamnya? Jangan cuma dipakai di luar tubuh dong. Konsumsi juga vitamin C dan E dari ‘dalam’. Selain dari buah dan sayur, manfaat vitamin C dan E bisa kamu peroleh dengan mengonsumsi multivitamin hemaviton Skin Nutrient. Selain memberikan nutrisi untuk menjaga kesehatan kulit, hemaviton Skin Nutrient juga bisa mencegah kerusakan sel dan memperlambat penuaan pada kulit.