Makeover Kamar Kos Mungil Jadi Lebih Nyaman dan Efisien!

Wednesday, 24 August 2016

Punya kamar kos sendiri, bisa jadi satu hal yang menyenangkan. Apalagi jika kamu adalah mahasiswa yang baru pertama kalinya nge-kos. Wah pasti asyik banget! Sayangnya, nggak semua kos punya ukuran kamar yang luas. Kebanyakan kamar kos hanya berukuran 2 x 3 m² atau 3 x 3 m² saja. Jika tidak ditata dengan optimal, maka kamu akan kesulitan menyimpan barang-barangmu dengan rapi. Akhirnya kamarmu jadi berantakan dan nggak nyaman untuk ditinggali. Nah, coba tiru tip di bawah ini untuk mengubah kamar kos milikmu jadi hunian yang nyaman dan efisien!

Manfaatkan Ilusi Cermin

Memasang dekorasi cermin pada dinding bisa memberikan efek ‘luas’ pada kamar.  Dimensi pada cermin bisa berperan sebagai ‘jendela tambahan’ pada kamar. Kamu bisa memasang sebuah cermin berukuran besar atau beberapa cermin berukuran kecil. Cermin berukuran besar akan memberi kesan luas secara instan, sementara susana cermin kecil yang dibentuk dengan pola menarik akan menambah kesan estetik. Pilih saja yang sesuai dengan seleramu.

Kotak Penyimpanan

Kendala utama kamar kos berukuran kecil adalah kurangnya ruang penyimpanan barang. Sebaiknya, pilihlah tempat tidur yang memiliki bagian kolong. Lalu kamu bisa memanfaatkan bagian kolong tempat tidur dengan menjadikannya area penyimpanan. Gunakan container untuk sebagai wadah penyimpanannya, lalu ‘sembunyikan’ di kolong tempat tidurmu, ya.

Rak Vertikal

Furnitur dengan bentuk vertikal lebih disarankan untuk digunakan di ruangan sempit. Misalnya saat memilih rak buku, carilah rak dinding berbentuk vertikal, alih-alih rak buku memanjang yang diletakan di lantai. Jika masih butuh space penyimpanan, kamu bisa menggunakan dua atau tiga rak sekaligus yang disusun berurutan di dinding kamar.

Hati-hati Memilih Warna

Sah-sah saja mengecat dinding kamar dengan warna favoritmu, tapi utamakan untuk menggunakan warna cerah daripada warna gelap. Warna cerah akan memberi kesan luas pada kamar. Misalnya, jika kamu menyukai warna biru, maka pilihlah warna biru muda ketimbang navy blue. Jika tetap ingin menggunakan warna gelap, pastikan hanya untuk salah satu dinding kamar saja. Sementara sisi lainnya bisa menggunakan padanan warna yang lebih muda atau warna netral seperti broken white.

Bermain corak wallpaper

Ingin memajang lukisan atau foto tetapi takut kamarmu terlihat makin sempit dan penuh? Lebih baik, akali saja dengan menggunakan wallpaper bercorak. Pilih corak yang tidak terlalu ramai agar tidak terkesan kekanakan. Misalnya motif kotak-kotak atau stripes, bisa bikin kamar keren tetapi tetap manly. Sementara untuk memajang foto, lebih baik kamu gunakan bingkai foto meja saja.