Tips Puasa Anti Badan Lelah dan Lemas

Tuesday, 13 April 2021

Bagaimana stamina kamu memasuki pertengahan Bulan Ramadan? Semoga tetap sehat dan bersemangat ya! Namun karena aktivitas harus tetap berjalan meski sedang berpuasa, wajar jika kamu merasa lebih mudah lelah. Agar kamu bisa tetap melanjutkan aktivitas dengan penuh energi meski sambil berpuasa, ada baiknya kamu menyimak tips puasa anti badan lelah dan lemas berikut ini!

Cukup minum

Banyak orang yang berpendapat bahwa menahan lapar selama puasa bukanlah masalah. Namun lain halnya dengan menahan haus. Seringkali yang terjadi di bulan Ramadan, kita gagal memenuhi kebutuhan minum harian seperti biasanya  dikarenakan waktu untuk mengonsumsi yang singkat. Padahal idealnya, kamu tetap mengonsumsi 8 gelas air per hari atau setara dengan sekitar 2 liter meski sedang berpuasa, untuk menghindari badan menjadi lelah dan lemas. Coba untuk minum 2 gelas saat berbuka puasa, 4 gelas sepanjang malam dan 2 gelas ketika sahur. Hindari untuk terlalu banyak mengonsumsi minuman manis dan utamakan air putih!

 Perhatikan makanan buka dan sahur

Jangan hanya mengonsumsi makanan dan minum dalam jumlah banyak saja, tetapi perhatikan nutrisinya. Dilansir dari hellosehat.com, makanan berbahan dasar tepung dan yang mengandung kadar gula tinggi bisa membuat kamu lemas saat puasa. Jadi usahakan hindari makanan seperti ini. Konsumsi makanan segar seperti sayur-sayuran dan buah-buahan secara teratur.

Tetap berolahraga

Puasa tapi tetap olahraga, apa bisa? Bukan hanya bisa tetapi sangat dianjurkan. Berolahraga teratur akan membuatmu lebih bertenaga saat beraktivitas dan terhindar dari lemas saat puasa. Selain itu olahraga juga mampu meningkatkan kualitas tidur. Berolahraga dua setengah jam dalam sepekan adalah durasi yang dianjurkan untuk menjaga kebugaran tubuh. Kamu bisa lakukan selama 5 hari dalam seminggu masing-masing 30 menit, dan 2 hari untuk beristirahat. Lakukan olahraga ringan seperti jalan cepat di pagi atau sore hari menjelang berbuka puasa.

Jangan mengubah jam tidur

Cukup istirahat adalah kunci untuk terus berenergi saat beraktivitas sepanjang hari dan menghindari lemas saat puasa. Cobalah untuk bangun dan tidur di jam yang sama tiap hari, sehingga tubuh memiliki jam biologis yang terjadwal meskipun mungkin jam tidurmu otomatis lebih singkat dibanding biasanya.

Selain 4 tips puasa anti badan lelah dan lemas di atas, kamu juga bisa mengonsumsi hemavtion Stamina Plus, multivitamin yang memiliki kandungan Ginseng Extract, Vitamin B Complex, L-Glutamic Acid, Buffered Vitamin C dan Zinc.  hemaviton Stamina Plus mampu menjaga stamina dan konsentrasi.. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Buffered Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas. Minumlah dua kapsul setiap hari saat sahur dan berbuka agar stamina tubuh terjaga, pikiran tetap fokus seharian termasuk saat puasa!