Tetap Sehat dan Semangat, Ini Dia Cara Menjaga Stamina Saat Puasa yang Wajib Kamu Coba!

Friday, 29 April 2022

Sebagai orang yang harus tetap aktif berkegiatan saat berpuasa, menjaga stamina tubuh tentu menjadi hal yang wajib dilakukan. Pasalnya, selama berpuasa kita harus menahan lapar dan haus dalam waktu yang lama, sehingga dibutuhkan pasokan tenaga yang cukup agar rutinitas harian dapat dilakukan secara maksimal. Untuk mengetahui apa saja cara menjaga stamina saat puasa yang bisa kamu lakukan, yuk simak penjelasannya berikut ini!

 

1. Sahur dengan makanan bernutrisi tinggi

Cara menjaga stamina saat puasa bisa diawali dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi saat sahur. Untuk yang satu ini, kamu bisa memilih makanan yang mengandung karbohidrat kompleks, berserat tinggi, dan kaya akan protein.

  • Makanan dengan kandungan karbohidrat kompleks seperti gandum, kacang-kacangan, oatmeal, dan nasi inilah yang akan menjadi gula dalam darah dan digunakan sebagai energi tubuh untuk beraktivitas sehari-hari.
  • Sedangkan untuk makanan berserat tinggi kamu bisa mengonsumsi sayuran hijau seperti bayam dan brokoli yang berperan membuat tubuh merasa kenyang lebih lama.
  • Untuk sumber protein hewani bisa kamu peroleh dari daging sapi, daging ayam, telur, dan ikan sedangkan untuk protein nabatinya kamu bisa peroleh dari tahu, tempe, dan kacang-kacangan seperti quinoa, almond hingga chicpea yang bisa memberikan energi untuk beraktivitas selama berpuasa.

 

2. Penuhi kebutuhan cairan tubuh

Selanjutnya, usahakan untuk memenuhi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air mineral sebanyak delapan gelas setiap harinya. Mengingat bahwa kamu akan menjalani puasa, maka sebaiknya atur jadwal minum seperti:

  • Satu gelas saat bangun tidur sebelum sahur
  • Satu gelas setelah sahur
  • Satu gelas sebelum imsak
  • Satu gelas saat berbuka puasa
  • Satu gelas setelah solat maghrib
  • Satu gelas setelah makan malam
  • Satu gelas setelah tarawih
  • Satu gelas sebelum tidur di malam hari

 

3. Berbuka puasa dengan makanan sehat

Sebagian besar orang menjadikan momen berbuka puasa sebagai ajang “balas dendam” dengan menyantap berbagai hidangan yang tersaji di meja makan. Namun, sebaiknya hindari kebiasaan yang satu ini, ya Cara menjaga stamina selanjutnya yang bisa kamu lakukan adalah dengan memilih makanan sehat saat berbuka puasa. Saat berbuka puasa, kamu bisa mengawalinya dengan makan minum segelas air putih, buah kurma, dan juga takjil dalam porsi yang tidak berlebihan. Kemudian, beri jeda waktu kurang lebih 30 menit hingga satu jam sebelum menyantap hidangan utamanya. Namun, sebaiknya pilih menu dengan gizi yang seimbang, ya!

 

4. Olahraga rutin

Tak perlu olahraga yang terlalu berat, kamu bisa menjaga stamina dengan melakukan beberapa aktivitas tubuh seperti jalan sehat di pagi hari setelah solat subuh atau dengan melakukan gerakan peregangan untuk melatih kekuatan otot seperti push up, plank, sit up 30 menit sebelum waktu berbuka puasa. Lakukan hal ini dua hingga tiga kali seminggu agar stamina tetap terjaga, ya!

 

5. Istirahat cukup

Puasa cenderung membuat kita kekurangan waktu tidur, pasalnya kita harus bangun untuk sahur saat dini hari dan dilanjutkan dengan memulai aktivitas harian. Untuk mengakalinya, hindari begadang dan tidur lebih awal di malam hari. Dengan begini, kamu tetap bisa menikmati kualitas tidur yang baik, deh.

 

6. Mengonsumsi suplemen kesehatan

Cara menjaga stamina saat puasa berikutnya adalah dengan mengonsumsi suplemen kesehatan setelah makan sahur dan seperti hemaviton Stamina Plus yang memiliki kandungan sebagai berikut ini.

  • Buffered Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.
  • Kandungan Ginseng Extract, L-Glutamic Acid serta Folic Acid untuk membantu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh.

 

Buffered Vitamin C yang terdapat dalam hemaviton Stamina Plus bersifat lebih tidak asam sehingga lebih nyaman di lambung. Oleh karena itu, yuk sediakan selalu hemaviton Stamina Plus dengan cara membelinya di Indomaret, Alfamart & Alfamidi, atau di Tempo Store Offical melalui marketplace kesayanganmu sekarang juga. Stamina terjaga, puasa tetap bertenaga!

Related Article

ACTIVE

Cara Konsumsi hemaviton Stamina Plus Untuk Mendukung Aktivitas Sehari-Hari

Waktu terbaik untuk minum suplemen penambah stamina tubuh dapat bervariasi tergantung pada jenis suplemen...

SELENGKAPNYA
ACTIVE

Bolehkah Minum hemaviton C1000 Total Care Sebelum Makan?

Mengonsumsi suplemen memang sangat pentimg untuk mendukung daya tahan tubuh sehari-hari. Salah satu suplemen...

SELENGKAPNYA