Cara Meningkatkan Daya Ingat dan Konsentrasi saat WFH di Bulan Ramadan

Sunday, 14 March 2021

Rasa lelah dan jenuh yang dialami selama WFH bisa membuat kamu kesulitan berkonsentrasi, apalagi kamu sedang berpuasa. Padahal kamu tetap harus produktif saat menyelesaikan pekerjaan. Beberapa tips berikut adalah cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi selama WFH yang bisa kamu terapkan!

1. Disiplin dengan Rutinitas

Sebelum pandemi, kamu pasti memiliki rutinitas sebelum bekerj. Lanjutkan saja rutinitas ini ketika kamu bekerja dari rumah—tentunya dengan sedikit penyesuaian di bulan Ramadan. Disiplin dengan rutinitas akan melatih otakmu ‘sadar’ bahwa meskipun saat ini ada banyak hal di luar kendali, namun ada berbagai aspek yang tetap bisa kamu kendalikan. Kamu pun akan merasa lebih aman dan mudah berkonsentrasi.

2. ‘Batasi’ Jam Kerja

Salah satu hal yang paling terasa dari sistem working from home adalah hilangnya batasan antara jam kerja dan waktu pribadi. Bekerja dari rumah pada kenyataannya belum tentu pekerjaan bisa lebih santai’ tetapi justru sebaliknya, jam kerja bisa jadi lebih panjang dan tidak ada habisnya. Bukannya fokus dan produktif, kamu malah jadi cemas nggak bisa konsen!Coba katakan dengan terbuka mengenai batasan jam kerja kamu (kamu bisa menyamakannya dengan jam kantor atau membuat batasan baru untuk waktu kerja). Jam kerja yang teratur ini akan membuatmu lebih fokus dengan to-do-list tugas kantor ataupun urusan pribadi.

3. Rutin Berolahraga

Olahraga dapat mengurangi kecemasan dan menghasilkan endorphine yang akan membuat kamu lebih tenang dan mudah fokus.  Jadi rutin berolahraga sangat dianjurkan. Jika kamu merasa jenuh dengan jenis olahraga yang kamu lakukan sebelum pandemi, cobalah jenis olahraga lainnya sebagai variasi. Bahkan sekedar berjalan-jalan di taman pun dapat membantu (jangan lupa pakai masker ya!). Di bulan Ramadan, kamu bisa berolahraga menjelang waktu berbuka puasa.

4. Batasi Media Sosial

Mengupdate informasi terkini adalah hal yang penting. Namun terkadang informasi-informasi tersebut justru memicu kecemasan berlebih yang tidak diinginkan. Batasi dirimu dari arus informasi yang berlebihan, terutama dari media sosial. Tentukan waktu scrolling media sosial, misalnya 1-2 kali hari masing-masing selama 15 menit saja. Selain menghindari kecemasan, kamu juga bisa memanfaatkan waktu lebih produktif ketimbang menghabiskan waktu dengan media sosial.

Selain cara meningkatkan daya ingat dan konsentrasi di saat WFH di Bulan Ramadan di atas, mengonsumsi suplemen tambahan juga bisa membantu! Minum saja hemaviton Stamina Plus, multivitamin yang memiliki kandungan Ginseng Extract, Vitamin B Complex, L-Glutamic Acid, Buffered Vitamin C dan Zinc sehhingga mampu membantu meningkatkan konsentrasi, daya ingat, serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. hemaviton Stamina Plus juga mengandung Buffered Vitamin C 150 mg yang penting untuk memelihara daya tahan tubuh dan antioksidan untuk meredam radikal bebas.