Yuk, Coba Olahraga Crossfit!

Friday, 21 October 2016

Untuk kamu yang tinggal di kota besar, pasti pernah mendengar istilah olahraga crossfit. Dalam  kurun waktu 5 tahun terakhir, crossfit mulai mendapatkan tempatnya di hati para pecinta olahraga di kota besar, termasuk juga di kota-kota besar di Indonesia.Coba deh,  cari tahu lebih banyak tentang olahraga ini!

Beda dengan Latihan Fitness Biasa
Walaupun kelas crossfit sering ditawarkan di pusat kebugaran seperti gym, crossfit punya perbedaan yang kontras dibanding gym secara konvensional. Kalau kamu mengikuti satu sesi kelas crossfit, jangan harap metodenya berfokus pada membentuk bagian tubuh atau otot tertentu seperti umumnya latihan cardio, otot biceps-triceps dan lain-lain. Sebaliknya, setiap sesi crossfit akan melatih kamu melakukan gerakan yang sifatnya lebih menyeluruh, dengan tujuan membantu kita dalam beraktivitas sehari-hari. Gerakan yang dilatih di sini adalah gerakan yang biasa kita lakukan, namun dengan intensitas yang jauh lebih tinggi dalam batasan waktu yang cukup singkat. Seperti lari, lompat, lempar, squat/jongkok , sampai mendorong dan mengangkat beban. Tiap sesi latihannya variatif dan dilakukan bersama grup. Selain itu, jika pada satu sesi kita diinstruksikan untuk melakukan suatu kombinasi gerakan, bisa saja di hari berikutnya kombinasi ini akan diganti. Setiap sesi akan jadi variatif dan tidak monoton.

Olahraga Fungsional yang Penuh Manfaat
Menurut pengakuan para penggiat crossfit, olahraga ini banyak sekali manfaatnya untuk mendukung aktivitas kita sehari-hari. Kita bisa lebih cekatan dan selalu siap saat harus melakukan aktivitas apapun itu. Jika kita harus naik turun tangga di kantor, tidak ada masalah kelelahan atau kehabisan napas karena badan sudah biasa ditempa latihan-latihan ketahanan (endurance) dari crossfit. Selain itu, secara jangka panjang, kondisi tubuh semakin fit, tidak gampang lelah maupun jatuh sakit. Crossfit juga sangat baik dalam melatih bagian tengah tubuh (midsection) yang terdiri dari otot perut, pinggul, pinggang, dan tulang belakang. Ini penting untuk kita yang selalu bekerja seharian di balik meja dan sering mengeluhkan sakit pinggang , punggung, dan perut yang makin buncit!

Cocok untuk Semua Kalangan
Siapa saja yang cocok mengambil kelas crossfit? Apakah mereka yang masih muda dan energik saja? Sebenarnya semua orang bisa melakukan olahraga crossfit. Mulai dari yang masih anak-anak sampai yang sudah tua. Dari yang sehat walafiat sampai yang pernah cedera. Yang penting setiap orang tahu seperti apa goal yang ingin dicapai, dan mengkomunikasikannya pada pihak trainer yang akan mengawasi kamu sepanjang sesi crossfit berlangsung. Tak perlu takut akan dipaksa mengerahkan tenaga sampai berlebihan karena di sini setiap orang akan melakukan gerakan yang disesuaikan dengan goal pribadinya serta kemampuannya masing-masing.

Lebih Ramai, Lebih Seru
Jika di tengah jalan kita merasa otot sangat capai, instruktur akan melihat apakah kita sebenarnya masih bisa atau tidak. Jika memang itu hanya persoalan mental, teman-teman satu tim akan menyemangati kita sampai latihan kita selesai! Jangan ragu ajak orang yang kamu kenal untuk ikut mencoba crossfit, agar kalian bisa saling mendorong untuk jadi fit bersama!