Waspada! 5 Kebiasaan Ini Bikin Produktivitas Menurun

Monday, 17 December 2018

Secara tidak sadar, kebiasaan yang kita lakukan selama ini ternyata berdampak pada menurunnya produktivitas dalam beraktivitas sehari-hari. Penasaran apa saja? Simak penjelasannya berikut ini.

Melewatkan sarapan

Salah satu hal yang bisa membuat seseorang bersemangat untuk beraktivitas adalah sarapan. Dengan sarapan, kebutuhan energi untuk beraktivitas di pagi hari akan terpenuhi. Biasanya makanan yang baik untuk sarapan adalah makanan yang mengandung protein, seperti telur dan susu. Namun sayang, hingga saat ini masih banyak orang yang justru melewatkannya dengan alasan tidak terbiasa atau karena terburu-buru. Inilah yang menyebabkan orang kurang bersemangat di pagi hari, sehingga membuat produktivitasnya menurun.

Terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat

Selain melewatkan sarapan, hal selanjutnya yang membuat produktivitas menurun terutama untuk para pekerja adalah terlalu banyak mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat (nasi) saat makan siang. Akibatnya perut menjadi kekenyangan, kemudian mengantuk setelah makan, dan berujung malas untuk beraktivitas. Untuk menghindarinya, coba usahakan agar kebutuhan nutrisi dalam makan siangmu tetap seimbang antara karbohidrat, protein, dan juga sayuran. Beberapa makanan inilah yang akan membuatmu tetap berenergi dan semangat untuk bekerja seharian.

Tidur terlalu malam

Lamanya waktu tidur yang dianjurkan untuk orang dewasa adalah 7-9 jam setiap malamnya. Hal ini sangat berpengaruh pada kesehatan, terutama seiring dengan bertambahnya usia, karena pada saat tidur inilah sel-sel dalam tubuh akan memperbaiki diri, sehingga tubuh kembali siap untuk beraktivitas di keesokan harinya. Tak hanya memengaruhi secara fisik, memiliki waktu istirahat yang cukup juga bisa membantu mengurangi stres dan menjaga konsentrasi saat bekerja. Sebaliknya, jika tidur terlalu malam atau kurang dari 6 jam hanya akan membuat badan terasa lelah saat bangun keesokan paginya. Kalau sudah begini, kamu pun juga tidak bisa produktif saat bekerja.

Kurang berolahraga

Kurangnya aktivitas tubuh atau olahraga juga bisa menjadi salah satu faktor mengapa badan lebih cepat terasa lelah dan kurang bergairah. Maka, sebaiknya berolahragalah secara rutin setiap harinya selama 30 menit setelah bangun tidur atau pada saat sore hari. Tak perlu olahraga yang terlalu berat, berenang atau lari juga sudah cukup membantu membuat badan segar dan tentunya membakar kalori dalam tubuh.

Kurang minum air putih

Memiliki aktivitas yang cukup padat jika tak diimbangi dengan konsumsi air putih yang cukup juga ternyata bisa membuat produktivitas menurun. Normalnya, setiap orang membutuhkan setidaknya 7-8 gelas air setiap harinya (tergantung dengan usia dan banyaknya aktivitas). Selain memenuhi kebutuhan air putih, tak ada salahnya juga untuk mendukung performamu dengan minum hemaviton Energy Drink, minuman dengan kandungan ekstrak ginseng di dalamnya sangat ampuh mengembalikan stamina tubuh, sehingga kamu bisa makin semangat beraktivitas.