Untung Rugi Punya Kartu Kredit

Thursday, 09 March 2017

Di era modern ini, punya kartu kredit memang lebih memudahkan kita saat bertransaksi. Berpikir untuk menggunakan kartu kredit? Ayo pertimbangkan plus & minus menggunakan kartu kredit di bawah ini terlebih dulu.

PLUS

1.Meringankan membeli produk mahal
Saat berbelanja suatu barang yang harganya mahal—gadget dan produk elektronik rumah tangga misalnya—kamu akan merasa lebih ringan. Dengan kartu kredit kamu bisa membelinya dengan cara menyicil 3 bulan, 6 bulan, atau 1 tahun. Dengan begitu, kamu bisa membeli kebutuhan yang penting meskipun keseluruhan uang belum terkumpul.

2.Transaksi online lebih mudah
Ingin belanja online dari market place luar negeri sekalipun, metode pembayaran dengan kartu kredit jauh lebih mudah. Kamu tinggal memasukan nomor kartu kredit dan pembayaran langsung diterima.

3.Banyak promo dan diskon
Saat ini setiap kartu kredit pasti menawarkan promo yang menarik. Mulai dari diskon di tempat makan, departemen store, grocery shopping, dan masih banyak lagi. Biasanya promo yang ditawarkan cukup menarik. Bahkan bisa menawarkan diskon hingga 50%

4.Bisa digunakan di luar negeri
Uang cash kamu habis saat traveling ke luar negeri? Tenang saja. Dengan karti kredit kamu tetap bisa melakukan transaksi dengan mudah di berbagai tempat yang kamu kunjungi. Nggak panik lagi deh!

5.Saat darurat bisa tarik tunai
Dalam keadaan darurat, misalnya saat kartu ATM-mu tertinggal. Kartu kredit juga bisa digunakan untuk penarikan uang tunai.
 

MINUS

1.Menumpuk utang
Jika kamu termasuk orang yang boros dan tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, sebaiknya tunda dulu keinginan memiliki kartu kredit. Bisa-bisa, kamu bukan mendapatkan kemudahan, melainkan hanya menumpuk utang. Jika kamu tidak bisa melunasi tagihan kartu kredit bulananmu atau hanya membayar cicilan minimun, tagihanmu malah bisa bertambah berkali-kali lipat.

2.Bunga yang tinggi
Telat bayar kartu kredit? Hati-hati, suku bunganya bisa mencapai 10% - 20%.

3.Cenderung boros
Berbelanja tanpa uang cash dan tinggal gesek kartu saja, bisa bikin kamu tambah boros. Pasalnya, kamu merasa tidak mengeluarkan uang (secara fisik), padahal uang yang kamu habiskan lewat kartu kredit terus bertambah.

4.Penipuan kartu kredit
Bukan cerita baru kalau banyak modus penipuan berkedok kartu kredit. Misalnya saat kartu kredit kamu dicatut orang lain dan digunakan untuk berbelanja hingga mencapai limit. Pada akhirnya, kamulah yang diminta membayar seluruh tagihan tersebut. Menyebalkan!

5.Banyak tawaran produk lain
Sekali memasukan data saat daftar program kartu kredit, maka datamu akan dipergunakan untuk promosi produk bank lainnya. Jadi jangan kaget kalau setelahnya kamu sering menerima telepon dari telemarketer bank yang menawarkan upgrade kartu kredit, asuransi, dan masih banyak lagi. Kadang-kadang cukup mengganggu lho.