Tren Belajar Online? Cobain Yuk!

Monday, 01 August 2016

Siapa bilang belajar hanya bisa dilakukan di sekolah? Jika kamu haus ilmu dan ingin terus mengembangkan diri, ada banyak cara yang bisa kamu tempuh. Kamu bisa ikut kursus, workshop, atau bahkan sekolah lagi mengejar ilmu yang lebih tinggi. Apalagi sekarang ada cara belajar baru bernama MOOC alias Massive Open Online Course, yaitu platform belajar daring atau online yang bisa kamu manfaatkan untuk belajar secara gratis. Simak contohnya berikut ini :

1. Coursera
Coursera adalah website yang punya tujuan berbagi pengetahuan kepada siapa saja dan di mana saja. Di sini kamu bisa menemukan puluhan kelas interaktif yang bisa kamu ikuti secara mudah. Asyiknya, pelajaran yang ditawarkan bukan dari lembaga sembarangan, namun dari berbagai universitas terkenal di seluruh dunia, seperti Penn, Stanford, John Hopkins, dan University of California San Diego. Dengan menambah sekitar beberapa puluh dolar saja, kamu bisa mendapatkan sertifikat resmi dari kampus terkait.

2. IndonesiaX
Seperti Coursera, website IndonesiaX menyediakan kursus online dari beberapa institusi dan universitas yang ternama seperti dari Universitas Indonesia dan Institut Teknologi Bandung. Kamu bisa mendaftar gratis untuk mengikuti kursus ini, kemudian mengakses video dan materi kuliah, setelah selesai belajar kamu juga bisa ikuti tes yang ada dan mendapatkan sertifikat.

3. KelasKita
Berbeda dengan IndonesiaX, KelasKita menyediakan berbagai kelas independen yang diunggah oleh kalangan umum. Itu sebabnya di sini kita bisa menemukan kursus yang jauh lebih variatif. Mulai dari tingkat pendidikan SD hingga Perguruan Tinggi. bisa memanfaatkan KelasKita untuk belajar. Uniknya, kamu juga bisa jadi pengajar dan mengunggah kelas berbayar untuk menambah penghasilan. Akses KelasKita bisa melalui web app dan aplikasi Android serta iOS.

4. Treehouse
Kalau website di atas menyediakan kursus dari berbagai macam bidang studi, Treehouse punya spesialisasi kursus bahasa pemrograman alias coding. Untuk orang awam yang tertarik pada dunia developer, kamu bisa mulai belajar development Front End, Python, Android, iOS di Treehouse. Treehouse cuma bisa diakses gratis selama 7 hari pertama, jika merasa cocok belajar lewat website ini, kamu bisa melanjutkannya dengan layanan berbayar.

5. eDX
Persis seperti Coursera, eDX juga menawarkan kursus dari universitas top dunia. Bayangkan kalau kamu punya sertifikat pendidikan dari HarvardX, MITx, dan universitas keren lainnya. Keren kan? Harganya pun terjangkau. Kamu hanya perlu merogoh kocek sekitar $50 saja jika ingin mendapatkan pengakuan dalam bentuk sertifikat.

6. Duolingo
Bercita-cita menguasai lebih dari 5 bahasa? Kamu bisa mulai belajar dari nol lewat aplikasi smartphone gratis yang satu ini. Karena dibungkus dalam bentuk game yang menyenangkan, kita bakal lebih termotivasi buat belajar. Asyiknya lagi, pencapaianmu bisa kamu pamerkan di LinkedIn, sebuah sosial media yang bisa membantumu memperluas jaringan di kalangan profesional.

Seru dan praktis banget ya belajar dengan cara online. Jangan lupa juga meminum hemaviton C1000 untuk menemanimu belajar. Dijamin makin semangat karena daya tahan tubuh terus terjaga. Selamat mencoba ya!