Tips Mencapai Kemapanan di Usia 30

Sunday, 30 September 2018

Mapan ketika memasuki usia matang, tentunya jadi impian bagi banyak orang. Namun jangan hanya dibayangkan saja, kamu perlu langkah konkrit untuk membuat impian tersebut jadi kenyataan.  Memang tidak mudah, tetapi bukannya tidak mungkin. Apalagi jika kamu merintisnya sedini mungkin. Jadi selagi masih muda, coba ‘rencanakan’ masa depan kamu dengan baik dan ikuti tips di berikut ini.

Kenali skala prioritas

Mulai belajar mengatur priotitas keuangan kamu mulai sekarang. Menikmati hasil kerja kamu dengan belanja barang bermerk atau nongkrong di kafe mahal memang sah-sah saja, tetapi jangan sampai terlena dan menjadikan kebiasaan tersebut sebagai gaya hidup kamu. Sebaliknya, belajarlah menggunakan prioritas, selain biaya hidup pokok, dahulukan gaji kamu untuk menabung dan berinvestasi. Upayakan untuk tetap hidup sederhana meskipun income bertambah.

Rencanakan Membeli rumah

Meskipun terbilang salah satu bentuk investasi paling mahal, namun jaga ragu untuk membeli properti khususnya jika kamu memang belum memiliki tempat tinggal. Memiliki rumah akan membuat kamu menghemat biaya kos ataupun kontrak. Selain itu memiliki rumah akan meringankan beban kamu di saat telah berumah tangga nanti. Jadi, coba tanamkan keinginan kuat untuk memiliki rumah dan sisihkan tabungan khusus rumah mulai dari gaji pertama kamu.

Lakukan lompatan karier

Berusahalah melakukan lompatan karier. Lakukan setiap pekerjaan semaksimal mungkin agar performa kerjanya mendapat nilai plus dari atasan. Otomatis kesempatan untuk dipromosikan menjadi lebih besar. Namun jika jenjang karier di kantor sekarang terlihat kurang berprospek, pertimbangkan untuk pindah kerja dan mencari peluang yang lebih baik. Jangan ragu keluar dari comfort zone ya!

Belajar dan mulai berinvestasi

Buta tentang investasi? Wajar kok. Namun penting bagi kamu untuk mulai mempelajarinya. Kemudian mulai lakukan investasi. Jika takut rugi pilih saja investasi yang minim risiko seperti deposito misalnya. Memang investasi dengan risiko kecil cenderung memberikan keuntungan yang lebih kecil pula, namun lebih baik dibandingkan dengan tidak memulainya sama sekali bukan?

Ubah isi kantong belanja

Jika selama ini kamu membelanjakan banyak uang untuk pakaian, gadget, makeup, atau bahkan makanan, coba ‘habiskan’ untuk hal-hal yang kegunaannya untuk jangka waktu yang lebih panjang. Misalnya membeli tempat tidur, lemari, atau meja rias. Tidak perlu menunggu punya rumah sendiri atau berkeluarga dulu untuk mencicil perabot rumah. Anda bisa menggunakannya dulu atau menyewa ruangan sebagai gudang penyimpanan.

Terapkan gaya hidup sehat

Gaya hidup kamu juga harus diperbaiki, sebab inilah bentuk investasi yang paling mendasar yaitu investasi kesehatan. Mungkin sebagian dari kamu sudah mendapatkan tunjangan kesehatan dari kantor ataupun memiliki asuransi kesehatan pribadi. Namun alangkah lebih baik jika kamu bisa mencegah penyakit. Kurangi junk food, ganti pola makan Anda jadi lebih sehat, berhenti merokok, banyak berolahraga, dan cukup beristirahat. Bila perlu, minum suplemen kesehatan seperti hemaviton Stamina Plus.

Kandungan Ginseng Extract, Multivitamin dan Mineral antara lain L-Glutamic acid serta Folic Acid bantu tingkatkan konsentrasi dan daya ingat serta menjaga stamina dan kesegaran tubuh. Multivitamin yang ada di dalamnya juga berfungsi sebagai antioksidan yang penting untuk meredam radikal bebas. Minum hemaviton Stamina Plus setiap hari agar tetap Fokus Berstamina untuk menjalani aktivitas dan menggapai mimpi-mimpi kamu!