Tips Irit Traveling Saat Libur Panjang

Monday, 12 June 2017

Menjelang liburan panjang, mungkin kamu sudah membayangkan pergi liburan Traveling ke tempat tertentu. Namun supaya uang THR nggak langsung habis terpakai untuk jalan-jalan, coba siasati biaya liburan kamu dengan tips berikut ini. Siapa tahu bisa Traveling dengan lebih hemat!

Pesan tiket jauh hari
Jika ingin liburan ke kampung halaman atau daerah wisata favorit lainnya, tidak ada salahnya untuk membeli tiket sejak jauh-jauh hari. Idealnya carilah tiket kereta atau pesawat sejak H-3 bulan. Sebab, tiket perjalanan ke daerah-daerah favorit biasanya sangat cepat habis. Jadi, jika tidak ingin kehabisan tiket atau mengeluarkan biaya yang lebih besar, sebaiknya jangan beli tiket terlalu mepet ya.

Memantau harga tiket
Jika daerah tujuan kamu bukan tempat wisata yang populer namun cukup jauh dan harga tiketnya tergolong mahal, cara menyiasatinya adalah dengan cara rajin memantau harga tiket di website maskapai penerbangan. Kadang-kadang harga tiket bisa naik dan turun (dan naik lagi) dalam waktu relatif singkat. Dengan rajin memantaunya, kamu bisa membeli tiket ketika harganya sedang turun.

Rajin cari promo
Jika sudah berencana liburan sejak lama, tidak ada salahnya rajin mencari informasi tentang promo tiket ataupun datang ke acara travel fair yang biasanya sering digelar. Memang sih kamu harus bersaing dengan peminat lain dengan antre berjam-jam. Tetapi selama harga yang ditawarkan menarik, mengapa tidak?

Hunting tempat menginap
Cari informasi tempat menginap dengan teliti. Jangan terlalu mepet. Banyak hotel yang penuh jika kamu memesan terlalu dekat dengan periode liburan. Rate-nya juga bisa meningkat. Rajin-rajinlah membandingkan harga dari website pemesanan hotel. Agar bisa mendapatkan kamar dengan harga dan fasilitas yang sesuai keinginan kamu.

Cari bantuan relasi
Ingin menghemat biaya lebih besar? Coba hubungi teman atau keluarga dekat Kamu. Siapa tahu Kamu bisa mendapatkan tempat menginap gratis!

Pergi dalam rombongan besar
Berlibur bersama rombongan besar (keluarga dan teman-teman), bisa membuat biaya liburan dengan lebih hemat lho. Pasalnya, Kamu bisa membagi rata harga akomodasi (sewa vila misalnya) dan transportasi liburan (uang bensin dan carter kendaraan misalnya). Semakin banyak jumlah orang dalam rombongan, maka semakin kecil biaya yang harus kamu keluarkan.