Tipe Pejuang Skripsi Seperti Apakah Kamu?

Friday, 14 April 2017

Banyak cerita terjadi kalau lagi bikin skripsi. Segala jenis kejadian, baik enak maupun nggak enak, bakal jadi pengalaman nggak terlupakan saat kita berusaha meraih gelar sarjana. Kalo kamu sendiri gimana yaa? Cek di sini, jenis pejuang yang manakah kamu?

Pejuang tekun
Ciri-ciri pejuang yang tekun, yaitu bakalan fokus banget ngegarap skripsinya. Dunianya nggak bakal teralihkan sama hal lain yang bukan prioritas utama. Setiap bab dari pendahuluan sampai kesimpulan dikerjain dengan penuh dedikasi.  Bolak-balik kampus, nyariin dosen pembimbing, ngabisin waktu di dalam perpustakaan, atau menghilang dari pergaulan, nggak masalah buat dia! Nggak heran skripsi dia bakal paling cepet kelar

Pejuang “Informan”
Tipe pejuang ini biasanya cerdas dan selalu up to date. Ia juga selalu tahu info-info penting seperti kontak dosen, perubahan jadwal bimbingan, atau tips dan trik jitu yang bisa membantu pengerjaan skripsi. Kamu seperti ini? Jangan lelah ya kalau banyak yang suka nanya-nanyain kamu! Anggap aja lagi beramal dengan berbagi info!

Pejuang last minute
Di kala semua orang bekerja keras, si pejuang last minute bakal keliatan adem ayem aja. Ketika udah menjelang deadline, baru deh kalang kabut. Apakah kamu salah satunya? Tahu nggak, sebenernya hal ini risikonya tinggi. Kamu bisa aja gagal untuk menyelesaikannya tepat waktu, atau hasilnya kurang berkualitas karena dikerjakan dengan terburu-buru. Tapi kalau kamu emang harus menunggu saat yang pas untuk mulai ngebut ngerjain skripsi, do it on your own risk aja deh!

Pejuang “drama”
Pernah dengar cerita ngerjain skripsi dengan penuh tetesan peluh dan airmata? Pejuang skripsi tipe drama kayak gini, ada banget nih. Entah gara-gara ‘dikerjain’ dosen, atau karena proses skripsinya memang benar-benar bermasalah, atau gara-gara hal lain. Kalau kamu ternyata tergolong pejuang yang penuh drama kehidupan, selamat ya! Kenapa? Soalnya setelah kamu sukses meraih kelulusan, kamu pasti udah lebih tahan banting dibanding mereka yang jalannya mulus-mulus aja. Jangan menyerah ya guys walaupun kamu mengalami jalan yang terasa buntu sekalipun. Good luck!

Pejuang superlancar
Segelintir mereka yang beruntung bakalan menyelesaikan skripsi dengan superlancar sampe mereka bisa bilang, “Oh ini yang namanya skripsi? Udah gitu aja?” Kemungkinan besar, tipe ini adalah mereka yang beruntung banget mendapatkan dosen pembimbing yang kompeten dan berdedikasi tinggi. Kalo kamu salah satunya, bersyukur banget deh! Jika kamu udah sukses, akan lebih berfaedah lagi kalau kamu berbagi info, tips dan trik buat temen-temenmu yang masih butuh didukung. Biar bisa wisuda bareng, gitu!

Pejuang ngenes
Hal-hal yang nggak diharapkan bisa aja terjadi. Udah berusaha sekuat tenaga, eh ternyata kelulusan kamu tertunda terus karena faktor X di luar kuasa kamu. Walaupun berusaha maksimal, mungkin ini memang jalan yang harus kamu tempuh agar jadi pribadi yang lebih tangguh di dunia kerja nanti. Tenang aja, semua ini ada hikmahnya kok guys. Anggep aja bumbu kehidupan!

Pejuang nyantai
Kebalikan dari pejuang “drama”, pejuang nyantai tentu selalu ‘selow’. Kalaupun lagi stres, dia juga bisa mengelola emosinya dengan baik. Selain itu ia juga nggak akan pernah tumbang hanya karena masalah-masalah sepele macem galau, mager, dan seterusnya. Biasanya tipe ini selalu ngerjain skripsi bareng-bareng sama gengnya. Pokoknya, segala macem dibawa nyantai aja. Kalo kamu kaya gini, pastiin aja tugas kamu tetap dikerjakan sesuai target ya!