Tingkatkan Konsentrasi Kerja dengan Musik Ini

Thursday, 19 May 2016

Sebagian orang lebih suka bekerja sambil mendengarkan musik. Bagi mereka, musik bisa menstimulus otak sekaligus membuat suasana kerja lebih nyaman. Apakah kamu salah satunya? Berikut ini adalah beberapa jenis musik yang cocok kamu dengarkan sambil bekerja.

Musik Klasik 
Sudah bukan hal baru jika musik klasik dapat menstimulasi kerja otak. Bahkan para ibu hamil kerap memperdengarkan musik klasik pada bayi dalam kandungan mereka sebagai salah cara meningkatkan kecerdasan anak. Musik klasik dapat membantu meningkatkan daya ingat, kemampuan belajar, dan hormon dopamin yang akan membuatmu merasa lebih baik. Coba masukkan musik karya Bach, Beethoven, Chopin, atau Mozart ke dalam playlist kamu.

Musik Ceria 
Biar semangat kerja, kamu juga harus dengarkan musik yang bersemangat dong. Kalau perlu yang liriknya bisa memotivasi kamu. Misalnya seperti lagu ‘Melompat Lebih Tinggi’ dari Sheila on 7. Dengan begitu kamu akan lebih fokus terhadap target yang ingin kamu raih dan motivasimu bekerja keras. Singkirkan dulu playlist lagu mellow yang justru bisa membuat pikiranmu melayang dan galau.

Instrumental Tradisional 
Musik instrumental tradisional juga salah satu pilihan yang patut kamu coba. Dengarkan musik instrumental khas nusantara seperti keroncong atau gamelan. Dalam musik instrumental tradisional, biasanya terdapat suara alat-alat musik tradisional yang unik dan merdu seperti seruling, angklung, gendang, sasando, dan sebagainya.

Lagu Berbahasa Asing 
Pernahkah kamu mendengarkan lagu dan tanpa sadar ikut bersenandung? Atau lirik sebuah lagu justru berhasil membuat konsentrasimu terpecah? Untuk mengatasinya, coba dengarkan lagu berbahasa asing (selain bahasa Inggris atau bahasa lain yang kamu kuasai). Misalnya lagu berbahasa Korea, Mandarin, atau bahasa lainnya. Dengan begitu, kamu tetap bisa mendengarkan musik sambil bekerja tanpa khawatir liriknya akan memecah konsentrasimu.