Tetap Produktif dengan Diabetes

Tuesday, 08 September 2015

Hidup dengan diabetes memiliki banyak tantangan, tetapi jangan sampai vonis dokter membatasi aktivitas harianmu. Kamu juga bisa kok produktif dengan diabetes. Yang penting adalah belajar tentang cara menangani tersebut dengan benar. Nah, berikut adalah do and don’ts tentang diabetes yang harus kamu ketahui untuk tetap produktif sepanjang hari.

DO

Educate yourself – Seperti dikutip dari Centers for Disease Control and Prevention, semua penderita diabetes harus mengenali jenis dan ABC diabetes mereka. ABC sendiri merupakan singkatan dari:

- A for A1C test yang memperlihatkan bagaimana glukosa darah kamu berubah selama tiga bulan terakhir. Target tes A1C kebanyakan orang adalah di bawah 7.

- B for Blood pressure yang berarti tekanan darah. Tekanan darah yang terlalu tinggi berisiko membuat kamu terkena serangan jantung, stroke, atau sakit ginjal. Oleh karena itu, pastikan bahwa blood pressure kamu di bawah 130/80.

- C for Cholesterol dalam darah. Target LDL (low-density lipoprotein) atau  kolesterol “jahat” kebanyakan orang adalah di bawah 100. Sementara kolesterol “baik” atau HDL (high-density lipoprotein) adalah di atas 40.

Rutin Olahraga 30 - 60 Menit Sehari - Berolahraga secara rutin mempunyai berbagai manfaat untuk seorang penderita diabetes, seperti menurunkan tekanan darah dan kadar LDL, mengontrol berat badan, dan meningkatkan kinerja jantung. Kamu bisa mencoba olahraga-olahraga ringan seperti senam, jalan cepat, berenang, dan bersepeda.

Buat Menu Sehat – Kontrol apa saja yang kamu makan dengan membuat catatan makan harian. Dengan catatan makan harian, kamu bisa mengevaluasi  efektivitas program dietmu secara dengan membandingkan jenis makanan, porsi, dan waktu makan.

Check Up Rutin – Dapatkan perawatan secara rutin untuk mencegah terjadinya komplikasi. Kunjungi dokter secara rutin untuk melakukan tes-tes seperti pemeriksaan tekanan darah, A1C, kolesterol, kaki, dan berat badan.

 

DON’TS

Melewatkan Sarapan – Sarapan adalah waktu makan yang paling penting dalam satu hari.  Tidak hanya mencukupi nutrisi, makan pagi juga akan membantu menjaga kadar gula darah dan tingkat kolesterol. Jika kamu ingin harimu produktif, jangan lupa sarapan!

Merokok – Menghisap rokok dapat memperburuk penyakit diabetes dengan meningkatkan kadar gula darah, menyebabkan resistensi insulin, dan memperbesar risiko sakit jantung dan gagal ginjal.

Stres – Stres dapat memperburuk penyakit diabetes dengan meningkatkan produksi hormon yang dapat memblokir efek dari insulin sehingga menyebabkan kadar gula darah meningkat. Oleh karena itu, penting sekali bagi penderita diabetes untuk belajar cara tetap positif dan mengatasi stres.

Mulai praktikkan do and don’ts ini agar hidupmu tetap sehat, aktif, dan produktif. Jangan lupa untuk menjaga gula darah tetap terjaga, kamu bisa mengonsumsi hemaviton GluCare secara teratur. Mengandung Zinc, Vitamin, Mineral, dan Chromium Nicotinate yang membantu meningkatkan sensitivitas jaringan tubuh terhadap insulin sehingga dapat menyerap gula darah dan menjadikannya energi . Gula darah tubuh pun tetap terjaga.

 

Foto: Shutterstock