Teknologi Terbaru yang Bisa Bikin Hidupmu Tak Sama Lagi

Monday, 01 August 2016

Ingat saat kamu hanya kenal persneling manual dan TV layar cembung? Sehari-hari, kita nggak pernah lepas dari pengaruh perkembangan teknologi. Walaupun perlahan, tapi pasti. Kini marak fenomena seperti kecanduan smartphone, belanja online, sampai hebohnya game mengejar monster. Lantas ada teknologi baru seperti apa saja yang secara perlahan mengubah hidup kita sepanjang tahun 2016 ini? Kenali dan siap-siap menyambutnya yuk :

1. VR/AR
2016 menjadi tahun teknologi Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR) mulai jadi barang mainstream. Mulai dari munculnya Oculus Rift, Microsoft Holo Lens, sampai brand yg berlomba-lomba membuat fitur VR dalam produksi ponsel pintarnya. Dengan fitur AR, kita bisa bermain game menangkap Pokemon Go yang seolah hidup di sekeliling kita. Kalau untuk VR, coba saja Google Cardboard yang murah meriah dan dapat membawa kita ke dunia virtual lewat berbagai aplikasi dari Google Play. Pastikan hp kamu memiliki giroskop dan akselerometer ya, agar bisa menikmati VR Google Cardboard. Menarik banget kan?

2. Alat modifikasi gen
Dalam bidang penelitian sains, rekayasa genetika secara kimiawi sudah sering kita temui. Namun kini hadir alat yang dapat membongkar dan mengubah susunan informasi keturunan dengan presisi, namanya CRISPR-Cas9. Dengan alat ini, pita DNA yang buruk bisa dihapus dan diganti dengan pita yang lebih baik. Hasilnya menakjubkan, misalnya mengembalikan mutasi yang jadi sumber kebutaan, sampai mencegah berkembangnya sel kanker. Dalam dua tahun terakhir saja, kita sudah bisa menikmati gandum yang resisten terhadap jamur, dan hasil pertanian yang tahan banjir.

3. Bercocok tanam dalam ruangan
Mengingat bumi yang semakin kekurangan lahan hijau dan bahan pangan alami yang semakin sulit didapat, bercocok tanam dalam ruangan alias indoor farming pun semakin digemari. Secara umum, cara indoor farming lebih digemari karena meminimalisir bahaya hama dan perubahan musim. Penerangan diganti dengan lampu LED dan pengairan dikontrol otomatis dengan komputer. Limbah dan uap air yang dipakai bisa didaur ulang sehingga mengurangi sampah. Di 2016 ini, perusahaan Jepang Spread.co mulai membangun pabrik yang bisa memproduksi 30.000 lettuce segar setiap harinya.

4. Mobil autopilot
Setelah mendapat pembaharuan software, para pengendara mobil Tesla di tahun 2016 ini jadi saksi kemunculan mobil autopilot massal pertama di dunia. Selain Tesla, Google juga saat ini sedang mengembangkan mobil otomatis, tanpa pedal dan setir, yang diramalkan dapat mengurai persoalan berkendara di kota-kota besar, meningkatkan efektifitas transportasi dan mencegah kecelakaan. Jadi nggak sabar mencobanya ya?