Stylophone, Bikin Musik Jadi Lebih Asik

Tuesday, 06 December 2016

Stylophone. Nama alat musik satu ini mungkin tidak terlalu familiar di telinga kebanyakan orang. Namun ternyata kemunculan alat musik satu ini sudah cukup lama, sejak tahun 1967! Awalnya seorang pria bernama Dubreq Brian Jarvis dimintai tolong oleh cucunya untuk memperbaiki piano mainan miliknya. Siapa sangka, inovasi yang dilakukan Jarvis, menciptakan sebuah alat musik keren bernama stylophone. Bagaimana ya, cara memainkannya?

Bagian-bagian stylophone
Berbentuk persegi panjang dan ukuran yang handy, Stylophone memiliki beberapa bagian inti yaitu

1. Tombol ON/OFF, untuk mengoperasikan alat.
2. Vibrato switch
3. Keyboard
4. Stylus
5. Stylus housing
6. Amplifier output socket
7. Turning control

Untuk memainkan stylophone, prinsipnya hampir sama dengan memainka tuts piano. Tombol bagian bawah, mewakili tuts putih (white notes) sedangkan tuts bagian atas mewakili tuts hitam (black notes), sama seperti halnya tuts piano.

Cara Memainkan
Nyalakan tombol daya, pilih jenis nada yang kamu inginkan, vibrato atau flat. Lepaskan stylus dari tempatnya, dan gunakan untuk menekan tuts. Berikan tekanan sedikit lebih keras daripada saat menulis. Pada Stylophone modern yang diluncurkan kembali tahun 2007 lalu, osilator yang menghasilkan bunyi pada alat musik ini telah diganti dengan chip 555.

Selain itu Stylophone modern juga memiliki soket untuk menghubungan MP3 player atau pemutar musik lainnya. Sehingga kamu bisa meutar lagu sambil memainkan Stylophone untuk mengiringinya. Efek dengung yang dihasilkan oleh Stylophone sangat cocok untuk memperkaya musik techno. Salah satu lagu yang sering dimainkan dengan Stylophone adalah lagu-lagu dari Daft Punk.

Penasaran seperti apa bunyinya? Selamat mencoba ya!