Serial TV Remaja 90an vs Serial TV Masa Kini

Thursday, 12 January 2017

Buat kamu penggemar serial TV di tahun 90-an, pasti ingat hiburan utama kita dulu adalah menonton TV. Sekarang kita punya berbagai alternatif untuk entertainment. Walaupun zaman sudah berubah, tak dapat dipungkiri kalau serial teleivisi modern sedikit banyak masih mengambil inspirasi dari pendahulunya. Contohnya serial-serial terkenal berikut ini :

F.R.I.E.N.D.S vs How I Met Your Mother
Kedua serial TV populer ini sama-sama menceritakan tentang kehidupan sehari-hari sekelompok sahabat. Kisahnya ringan, dekat dengan realita sehari-hari, dan seringkali kocak, jadi nggak heran kalau dua serial TV ini jadi kesukaan banyak orang. Buktinya Friends selalu sukses meraih berbagai penghargaan sejak awal penayangannya pada 1995 sampai episode finalnya di tahun 2004. How I Met Your Mother (HIMYM) juga mencetak prestasi serupa selama 8 tahun penayangannya sejak tahun 2006. Beberapa penggemar serial Friends menganggap serial HIMYM pantas disandingkan dengan Friends sebagai pendahulunya, tetapi sebenarnya ada banyak perbedaan di antara dua serial ini. Contohnya elemen tawa penonton studio khas sitkom yang menjadi bagian dari Friends tidak muncul pada HIMYM. Kalau kamu sendiri, lebih suka yang mana?

Charmed vs Witches of East End
Dua seri yang mengisahkan kehidupan penyihir bersaudara ini sangat digandrungi di jamannya karena ceritanya seru dan visualnya keren. Buat kamu yang suka cerita drama fantasi, coba nonton deh dua seri ini. Kamu akan menyaksikan para penyihir cantik ini bekerjasama dalam ikatan persaudaraan yang kuat untuk membasmi monster dan kekuatan jahat. Charmed sebagai pendahulu memiliki jalan cerita di mana tiap minggu akan ada makhluk supernatural yang perlu mereka basmi, sedangkan Witches of East End punya jalinan cerita yang lebih rumit dan misterius. Witches of East End juga menyajikan spesial efek dan make up yang lebih canggih dibandingkan pendahulunya. Hmm.. Mungkin karena teknologinya juga lebih canggih, ya!

Beverly Hills 90210 vs Gossip Girl
Kedua serial drama ini sama-sama menceritakan problematika anak muda kelas atas Amerika. Plot yang diangkat tak jauh dari kisah cinta yang complicated dan persahabatan yang diuji dengan berbagai tantangan. Maklum, pemeran utamanya masih bersekolah di bangku SMA dan kuliah. Namun, Gossip Girl dan Beverly Hills memiliki perbedaan yang mencolok dari segi gaya hidup. Sama-sama menyorot kehidupan anak muda kaya raya, tapi gaya hidup hedonis, super mewah dan glamor jelas lebih kentara di Gossip Girl, dibandingkan dengan Beverly Hills yang lebih realistis. Mungkin ini juga mewakili gaya hidup kelas atas anak muda zaman sekarang. Setuju nggak?

Xena The Warrior Princess vs Game of Thrones
Bicara tentang serial kolosal-fantasi, kita bisa membandingkan aksi Xena si prajurit perempuan dalam dunia berlatar mitos dewa-dewi Yunani kuno dengan perebutan kekuasaan antara tokoh-tokoh bangsawan dalam Game of Thrones. Walaupun jalan ceritanya berbeda jauh, namun keduanya sama-sama menyajikan pertempuran seru dalam setiap episodenya, tak kelewatan pula makhluk-makhluk aneh yang merupakan hasil olahan visual efek. Jika di masa kecilmu dulu kamu suka nonton Xena, pasti sekarang kamu sudah tidak asing dengan karakter cewek yang kuat dan mahir bela diri yang kemudian muncul di serial Game of Thrones seperti sosok Brianne of Tarth.

X-Files vs Stranger Things
Kamu ingat X-Files? Dengan tokoh utamanya Scully dan Mulder, sepasang agen FBI yang bertugas menguak kejadian-kejadian misterius dan fenomena paranormal yang dilaporkan sebagai berkas X-Files. Serial ini termasuk salah satu serial TV legendaris dengan rentang masa tayang yang panjang, sejak 1993 sampai 2002. Kini di portal streaming movie series Netflix, hadir juga serial Stranger Things. Serial yang mencuri perhatian dunia saat dirilis pertengahan tahun 2016 ini digadang-gadangkan sebagai serial terbaik di Netflix. Musim pertama Stranger Things hanya terdiri dari 8 episode yang plotnya sangat seru dan tidak terasa bertele-tele. Nuansa misteri,drama menyentuh antara persahabatan, perjuangan seorang ibu mencari anaknya yang hilang, serta akting yang apik oleh Winona Ryder dan artis cilik Millie Bobby Brown  menjadi daya tarik utama dalam Stranger Things. Banyak yang membandingkan Stranger Things dengan serial 90an bergenre horror - fiksi ilmiah yang serupa yaitu X-Files. Coba saja tonton Stranger Things untuk obati rasa kangenmu pada X-Files lalu nilai sendiri, mana yang lebih seru!