Rahasia Sukses Menjadi Freelancer

Tuesday, 01 December 2015

Kalau kamu tidak suka kerja kantoran karena terikat jam kerja dan merasa lebih produktif saat bekerja tanpa pengawasan atasan, mungkin menjadi freelancer tepat untukmu. Era digital saat ini memungkinkan banyak bidang pekerjaan dilakukan secara remote atau jarak jauh. Desainer, penulis, web developer, sampai marketing dan akuntan bisa bekerja lepas. Bekerja bisa dilakukan di mana saja. Dari atas tempat tidur, di kafe yang gaya, sampai selonjoran di atas pasir di pantai. Tapi tidak semua orang bisa sukses jadi freelancer, kebanyakan freelancer sulit produktif karena disiplin yang kurang atau kemampuan menjalin networking yang kurang. Untuk menjadi freelancer yang sukses, ini yang harus kamu perhatikan.

1. Bangun reputasi
Selain aktif mencari klien, kamu juga sebaiknya membuka jalan agar klien mudah mencarimu. Kamu bisa meng-upload portofolio yang ‘menjual’ atau miliki akun-akun website pekerja profesional atau media sosial profesional yang memungkinkan kamu dicari di sana.

2. Bersahabat dengan klien terbaik
Awalnya mungkin kamu akan menerima semua tawaran pekerjaan yang masuk. Namun perlahan kamu akan menemukan klien-klien terbaik yang cocok denganmu. Baik dari segi harga maupun load pekerjaan dan perlakuan mereka. Kamu sebaiknya menjaga hubungan baik dengan klien semacam ini. Lain kali ketika tawaran pekerjaan mengalir kamu bisa memilah mana yang terbaik untukmu.

3. Hargai kerja kerasmu
Jangan ragu menentukan harga kamu. Beberapa orang mungkin takut menentukan harga terlalu mahal karena takut kehilangan klien. Tapi harga yang baik bisa meningkatkan kepercayaan klien terhadap mutu pekerjaanmu. Namun tetap rasional ya. Kalau masih tidak pede, kamu bisa berikan sampel kerja di proyek awal, jika mereka puas kamu bisa menaikkan harga di proyek selanjutnya.

4. Manfaatkan media sosialmu
Twitter, facebook, instagram, path, atau apapun akun media sosial yang kamu miliki, manfaatkan untuk memperluas networking dan mempromosikan portofolio kamu. Kamu juga bisa bergabung dengan komunitas yang bergelut di bidang pekerjaan yang kamu jalani via online.

5. Disiplin
Ini adalah kunci penting kesuksesanmu. Memang kamu tidak memiliki bos yang cerewet mengawasi kinerja harianmu. Tapi sekali saja kamu melanggar ketentuan yang disepakati, klien bisa kapok mempekerjakanmu lho. Lebih buruk lagi jika informasi tentang keburukanmu menyebar di antara klien-klien potensial. Bisa-bisa kamu sulit mencari proyek baru.

Nah, sudah siap terjun di dunia freelancer? Jangan lupa, bekerja freelance, meski terkesan santai butuh fisik yang kuat, lho. Bagaimana tidak, kamu harus aktif menjemput bola. Mobilitasmu pun akan tinggi. Nah di musim hujan ini perkuat daya tahan tubuh kamu agar tidak mudah drop karena cuaca yang kurang bersahabat. Konsumsi hemaviton C1000 setiap hari. Vitamin C 1000mg ini berperan sebagai antioksidan yang menangkal serangan radikal bebas (seperti dari polusi kendaraan dan asap rokok) pada tubuh. Vitamin B3, B6, dan B12 di dalamnya pun dapat membantu menjaga kondisi tubuh dari kelelahan sehingga tidak mudah sakit.

Foto: Shutterstock