Rahasia Pintar Browsing Internet

Tuesday, 01 December 2015

Kamu sering lupa waktu saat browsing internet? Tenang, bukan kamu saja kok yang mengalaminya. Awalnya sih hanya berniat browsing sebentar, tapi seringkali berujung hilangnya jam-jam produktifmu. Ups, jangan sampai hal ini jadi kebiasaan buruk ya. Nah, agar kegiatan browsing internet kamu lebih efektif, tips di bawah ini bisa kamu coba.

- Atur timer dalam browser
Selama bekerja di depan komputer, coba pasang timer untuk membantumu mengatur waktu. Kamu bisa coba aplikasi Task Timer pada Google Chrome. Aplikasi yang tetap bisa berfungsi tanpa koneksi internet ini berguna mengatur dan memantau alokasi waktu saat browsing, bekerja, dan lain sebagainya sesuai keinginanmu. Seperti umumnya timer, kamu akan mendapat notifikasi saat waktu browsing-mu habis.

- Work, Browse, Repeat
Mengadopsi teknik Pomodoro yang ampuh meningkatkan produktivitas kerja, aplikasi Strict Workflow dari Google Chrome akan mencegahmu browsing selama lebih dari 5 menit dalam situs tertentu. Situs ini akan terblokir sampai bisa diakses kembali 25 menit kemudian. Pada dasarnya, kamu dilatih menjaga siklus kerja selama 25 menit, diikuti istirahat selama 5 menit, dan diulangi lagi.

- Batasi penggunaan internetmu
Terlalu sering internetan tanpa tujuan? Gunakan ekstension StayFocusd atau Leechblock yang memberi kamu batas waktu mengunjungi situs-situs tertentu. Mirip seperti timer, namun bedanya StayFocusd akan memblokir total situs yang mendistraksi perhatianmu. setelah waktumu habis.

- Tandai laman favorit
Kamu mungkin sudah fasih menandai konten website yang menarik dengan fungsi bookmark bawaan dari browser. Namun sekarang kamu juga bisa menggunakan alat penyimpan bookmark yang lebih mudah diakses di berbagai jenis gadget seperti Pinterest dan Pocket. Install Pinterest button atau ekstension Pocket ke browser untuk menyimpan konten artikel atau gambar favoritmu.

- Gali Informasi dan Inspirasi dengan seefisien mungkin
Browsing mencari informasi atau inspirasi bisa kok dilakukan dengan efektif, cepat, dan efisien. Gunakan fungsi beberapa bookmark coagulator seperti Panda. Agar memori RAM tidak menumpuk saat membuka banyak tab, coba pakai One Tab. Kamu bisa juga menyimpan semua tab pencarianmu dengan ekstension Session Buddy.

Foto:Shutterstock