Pencinta Musik? Karier Ini Mungkin Tepat Untukmu!

Tuesday, 20 October 2015

Kalau kamu cinta banget dengan musik, menjadi penyanyi atau anak band bukan satu-satunya jalan untuk dapat berjaya di dunia musik. Ada banyak karier yang bisa dipilih di bidang musik, yang tentunya tidak kalah keren dengan beraksi di atas panggung dengan ribuan penonton. Apa saja itu?

Promotor Konser
Kalau kamu suka menikmati konser dan selalu punya masukan buat setiap konser yang kamu datangi, karier ini cukup menantang bagi kamu. Seorang promotor konser bertanggung jawab atas berlangsungnya konser secara keseluruhan. Negosiasi dengan artis, menentukan venue, sampai penjualan tiket dan tata panggung. Kamu bisa mulai karier kamu dengan ikut magang di event organizer yang menyelenggarakan konser artis favoritmu.

Jurnalis Musik
Senang berbagi pengalaman saat menonton konser musik lewat blog pribadimu? Mungkin karier ini tepat untukmu. Selain keterampilan menulis, pengetahuan musik yang mendalam adalah modal lainnya yang juga perlu kamu punya agar tulisan kamu nantinya tidak sekadar kritik kosong atau kekaguman berlebihan seorang penggemar. Asyiknya, kamu bisa bertemu langsung dengan musisi favoritmu, mengobrol (wawancara) langsung, dan kesempatan menyaksikan berbagai konser musisi dunia.

Disc Jockey
Playlist di bar atau pesta adalah tanggung jawabmu. Menyenangkan bukan? Kehadiranmu menentukan meriahnya suasana. DJ juga profesi yang lumayan menjanjikan karena penghasilannya bisa  jutaan lho per malam.

Penata Musik Film
Pernah terhanyut dalam suatu adegan dalam film? Coba bayangkan ketika musik latarnya dihilangkan. Ternyata ilustrasi musik bisa memengaruhi keindahan sebuah film. Kamu bisa menjadi seorang penata musik dalam film. Seorang film scorer dapat menulis komposisi musik yang sesuai untuk berbagai adegan dalam film agar lebih ‘dramatis’.

Foto: Shutterstock