Pegal-pegal Setelah Olahraga, Wajarkah ?

Wednesday, 22 July 2015

Melawan rasa malas untuk berolahraga memang tidak mudah. Saat sudah berhasil mengalahkan malas tahu-tahu keesokan pagi setelah olahraga tubuh terasa pegal-pegal nggak karuan. Kapok olahraga? Eits jangan dulu. Menurut para ahli, rasa pegal-pegal setelah olahraga, apalagi pada mereka yang sebelumnya memang jarang olahraga adalah sesuatu yang wajar.

Rasa nyeri, pegal, dan sakit pada otot wajar dirasakan 24 hinga 48 jam setelah olahraga. Para ahli menyebutnya sebagai Delayed Onset Muscle Soreness (DOMS). Rasa sakit yang timbul merupakan hal yang umum terjadi ketika aktivitas fisik yang dilakukan lebih dari biasanya sehingga mendorong terjadinya stres pada jaringan otot. Rasa sakit bisa juga merupakan pertanda jika otot sedang beradaptasi. Lalu apa bedanya dengan sakit karena cedera? DOMS umumnya akan membaik di hari kedua atau ketiga. Jika tidak sebaiknya kamu konsultasi ke dokter ya. Ada juga petunjuk sederhana lainnya yang bisa jadi acuan. Misalnya kalau salah satu lenganmu sakit luar biasa sementara kamu habis berolahraga dengan kedua lengan, bisa jadi itu tanda cedera.

Mengatasi sakit otot pasca olahraga sebenarnya tidak begitu sulit. Istirahat, pijat, dan stretching sangat membantu proses pemulihan. Melakukan pendinginan sekitar 10 menit menjelang berolahraga berakhir juga bisa menolong kamu terhindar dari rasa pegal setelah berolahraga. Misalnya lakukan joging santai kemudian lanjutkan dengan stretching sebagai pendinginan.

Ketika otot masih sakit, haruskah olahraga dihentikan dulu? Pada dasarnya, membiarkan otot terus bergerak bisa membantu pemulihan dan adaptasi. Kamu bisa pilih olahraga ringan seperti jalan kaki, bersepeda, atau berenang.