Pedagang Ini Hanya Muncul Saat Ramadan dan Idul Fitri

Friday, 24 June 2016

Bulan Ramadan dan Hari Raya Idul Fitri memang membawa keberkahan untuk banyak orang. Tidak heran jika banyak orang memanfaatkan momen puasa dan lebaran sebagai kesempatan meraih rezeki. Buktinya setiap tahun selalu saja bermunculan pedagang-pedagang unik yang hanya muncul selama Ramadan sampai hari lebaran. Pedagang apa saja ya?

Penjual Takjil
Sejak awal Ramadan, kamu bisa dengan mudah menemukan penjual takjil (makanan dan minuman berbuka) di mana saja. Mulai dari jalanan kompleks rumah, troroar di depan kantor, jembatan penyebrangan, hingga jalan-jalan kecil. Variannya ada banyak, mulai dari biji salak, es kelapa, es buah, es belewah, cendol dan masih banyak lagi. Para pedagang takjil dadakan ini memang menjadikan orang-orang yang berbuka di perjalanan sebagai target pasar mereka. Lucunya, meski ada banyak penjual takjil di lokasi yang berdekatan, semuanya tetap mendapa pembeli. Wah, benar-benar berkah Ramadhan.

Penukaran Uang Kecil
Nggak lengkap rasanya berlebaran tanpa tradisi bagi-bagi angpao. Makanya banyak orang yang berbondong-bondong untuk menukarkan pecahan uang kecil ke bank, supaya lebih mudah saat berbagi di hari raya. Meskipun begitu, selalu ada saja orang-orang yang lupa atau tidak sempat pergi ke bank. Untungnya menjelang hari raya, sangat mudah menemukan para penjual uang kecil di pinggir-pinggir jalan. Para penjual uang kecil ini biasanya juga tidak mematok harga yang terlalu tinggi jika kamu berniat menukarkan uang pada mereka. Biasanya mereka mengambil keuntungan sekitar 10 -20 ribu rupiah untuk setiap penukaran uang.

Amplop Mini
Menjelang lebaran, biasanya bermunculan para pedagang yang menjual amplop berukuran kecil bernuansa Ramadhan yang dipadukan dengan aneka motif yang menarik untuk berbagi rejeki  di hari raya. Biasanya corak gambar amplop mini ini berupa tokoh kartun favorit anak-anak. Jika kamu punya kemampuan desain, bisa lho membuat corak sendiri biar amplop buatanmu lebih menarik dan nggak pasaran.

Penjual Ketupat
Ketupat sudah menjadi makanan khas hari raya Idul Fitri. Daripada repot membuatnya sendiri, banyak orang yang lebih memilih untuk membelinya. Bisnis ketupat saat lebaran sangat menguntungkan, makanya jangan kaget kalau ibu-ibu di sekitar rumahmu banyak yang berubah jadi penjual ketupat dadakan.

Seru juga ya jadi pedagang musiman. Mungkin saja bisa jadi inspirasi kamu untuk mencari pemasukkan tambahan menjelang lebaran. Meski hanya pedagang musiman, punya stamina yang bagus adalah suatu keharusan. Oleh karena itu, jangan sampai lupa mengonsumsi hemaviton Jreng setelah berbuka, agar tetap bertenaga sepanjang hari.