Olahraga Otak Biasakan Diri Tak Henti Berpikir

Wednesday, 07 January 2015

Pernahkah kamu tiba-tiba merasa blank dan sulit untuk berpikir? Hal ini wajar kok dan dialami oleh hampir setiap orang. Tidak hanya tubuh yang butuh olahraga agar selalu prima, otak juga butuh olahraga untuk membantu kinerjanya. Lalu, apa saja ya olahraga otak itu? Simak yang berikut ini.

Bermain sudoku
Sudoku atau biasa dikenal dengan number place adalah permainan teka-teki logika yang tujuannya mengisikan angka 1-9 dalam kotak yang terdiri dari 9 kotak 3x3. Tantangannya, tidak boleh mengulang angka yang sama dalam satu baris. Dalam permainan ini daya ingat dan logika kamu sedang bekerja keras.

Membaca buku
Membaca buku adalah salah satu cara yang baik untuk melatih otak. Membaca dapat membuatmu fokus pada detail yang dituliskan pada sebuah buku. Belum lagi emotional part pada cerita yang coba kamu ingat, kegiatan ini membuat otak meningkatkan kinerja daya ingatnya.

Bermain catur
Permainan ini dikenal sebagai permainan yang cukup menguras kinerja otak. Berpikir, konsentrasi dan menyusun strategi pada permainan ini dapat membuat otak kembali segar dan bekerja secara optimal.

Olahraga otak pada umumnya menuntut untuk selalu berpikir, namun hal ini tidak membuat otak lelah malah sebaiknya otak semakin bekerja dengan optimal dan meningkatkan daya ingat. Ingin otak bekerja dengan baik? Asah kemampuannya dengan olahraga otak, yuk. (lh/ay)

Sumber:
http://lifehacker.com/5746353/top-10-tips-tricks-and-tools-to-train-exercise-and-better-your-brain diakses pada 15 November 2014

Related Article

WORKLIFE

Memiliki Pekerjaan yang Berat? Intip Cara Tingkatkan Stamina dan Konsentrasi Berikut Ini

Pekerjaan berat seringkali menuntut stamina yang tinggi, baik secara fisik maupun mental. Bagi para pria...

SELENGKAPNYA