Ojek Online juga Manusia! Ini 6 Cara Menghargai Jasa Mereka

Thursday, 01 December 2016

Dewasa ini, ojek online muncul menjadi salah satu bentuk transportasi di kota-kota besar indonesia. Harus diakui, kemunculan ojek online sukses membuat para warga kota besar merasa terbantu. Tak heran banyak masyarakat yang menggunakan jasa ojek online saat melakukan aktivitas sehari-hari. Sadar atau tidak, para pengemudi ojek online memiliki jasa yang besar bagi kelancaran urusan kamu. Oleh kaena itu, tak ada salahnya jika kamu menghargai jasa mereka lewat tindakan-tindakan berikut ini.

Bersikap ramah
Cobalah untuk selalu bersikap ramah pada pengemudi ojek online. Meski hanya beberapa menit, kamu dan dia akan menempuh perjalanan bersama. Tidak ada salahnya sedikit berbasa –basi. Jangan langsung kesal jika pengemudi tidak terlalu paham daerah tujuan kamu. Kamu bisa memberinya petunjuk atau bersama-salma melihat digital maps. Lebih solutif ketimbang marah-marah ya, bukan?

Sesuaikan pesanan
Mungkin kamu pernah menggunakan jasa ojek online untuk membeli makanan atau barang tertentu. Sebelum memesan, coba perkiraan jumlah dan jenis pesanan kamu. Apakah ukurannya terlalu besar atau tidak untuk dibawa dengan sepeda motor? Ataukah pesanan makananmu terlalu banyak dan merepotkan untuk dibawa berkendara dengan motor? Jika memang pesananmu terlalu banyak, lebih baik pesanlah dua ojek. Kamu tentu tidak ingin ojekmu kesulitan sehingga pesananmu malah jadi beratakan, bukan? Estimasikan juga lama waktu pembelian pesananmu. Misalnya kamu ingin membeli makanan untuk jam makan siang, pesanlah ojek online minimal 1 jam sebelumnya.

Jangan asal cancel
Ada berbagai penyebab ketika seseorang membatalkan pesanan ojek online, misalnya karena akan mengganti tujuan perjalanan, beralih ke alternatif transportasi lain, atau mungkin terlalu lama menunggu. Apapun alasanmu, sah-sah saja untuk membatalkan pesanan ojek, tetapi jangan seenaknya. Komunikasikan dengan pengemudi ojek alasan pembatalanmu. Selain itu cek lagi apakah jaraknya sudah dekat dengan tempatmu? Jika sudah, sebaiknya kamu tidak membatalkan pesana tersebut.

Tambahkan tip
Memberikan tip memang sifatnya sukarela. Kamu tidak harus memberikan uang apresiasi untuk pengemudi ojek yang mengantarmu. Namun tidak ada salahnya menambahkan sedikit uang jika ternyata jalanan yang kamu tempuh sangat macet atau ketika kamu merasa puas dengan pelayanan dari pengemudi gojekmu. Sedikit uang lebih yang kamu keluarkan bisa jadi sesuatu yang berarti bagi orang lain.

Memberi rating baik
Apa sih salahnya memberikan penilaian yang baik pada pengemudi ojek? Kamu tidak akan rugi apa-apa kok. Penilaian dari penumpang merupakan indikator evaluasi dari perusahaan ojek online untuk pengemudinya. Pda beberapa perusahaan, penilaian buruk dari penumpang akan menyebabkan pengemudi mendapat teguran atau bahkan sanksi. Jadi, selama perjalananmu berjalan baik dan kamu tiba di tempat tujuan dengan selamat, tak ada salahnya memberi nilai sebaik mungkin. Jika kamu ingin memberikan penilaian kurang baik, sebaiknya tuliskan keluhanmu di kolom komentar sehingga dapat menjadi bahan evalusi bagi pengemudi—bukan hanya mendapat teguran semata.

Mengucapkan terima kasih
Sederhana, tetapi bermakna. Jangan lupa mengucapkan terima kasih di akhir perjalananmu yaa. Tanpa si pengemudi ojek online, mungkin kamu sulit sampai di tujuan tepat waktu. Tidak sulit kan?