Nyaman dengan Aplikasi Transportasi

Wednesday, 22 July 2015

Bawa mobil sendiri di Jakarta, macetnya sudah tidak tertolong. Mau naik bis nunggunya lama, berdesak-desakan pula. Tenang saja sekarang ada cara baru yang asyik buat menggunakan transportasi umum. Kamu tinggal maksimalkan smartphone kamu untuk mempermudah mobilitas kamu.

1. Go Jek
Motor sepertinya jadi kendaraan yang paling mudah lolos dari kemacetan Jakarta. Kalau selama ini kamu hobi naik ojek, aplikasi ini bisa jadi alternatif baru mendapatkan ojek. Kamu tinggal unduh aplikasi Go-Jek dan melakukan pesanan via ponsel kamu. Saat memesan kamu akan diberitahu berapa harga yang harus kamu bayar sesuai jarak. Kalau kamu setuju tinggal melanjutkan. Harga yang dipatok tergolong wajar jadi tidak perlu takut akan harga 'tembak'. Uniknya kalau takut tidak ada uang kembalian, ada Go-Jek Credit di mana kamu bisa menyimpan uang di sana dan setiap order pembayaran akan didebet langsung di sana. Kamu juga bisa menggunakan Go Jek untuk memesan makanan atau mengirim barang.

2. Uber
Mobile dengan kendaraan 'wah'? Lewat aplikasi uber kamu bagai mendapat supir pribadi dengan kendaraan pribadi. Layanannya mirip taksi. Bedanya kamu mendapatkan kendaraan pribadi seperti Innova, Avanza, Camry, Alphard, dan sebagainya. Kamu tinggal daftarkan diri di aplikasi uber. Kalau ingin memesan, kamu tinggal tap lokasi penjemputan dan klik request. Selanjutnya uber akan mencarikan kendaraan terdekat di lokasi. Kamu juga bisa mengetahui perkiraaan biayanya. Sayangnya sampai saat ini uber hanya menerima pembayaran via kartu kredit. Kalau kamu naik bareng teman yang juga memiliki akun uber, fitur split share membuat patungan taksi jadi lebih mudah karena masing-masing akun akan langsung terpotong biaya. Kekurangannya, berbeda dengan taksi biasa, kamu nggak bisa lewat jalur three in one kalau naik sendirian.

3. Grab Taxi
Kalau aplikasi mobile taksi konvensional hanya terbatas pada satu merek taksi saja. Grab Taxi memungkinkan kamu memesan taksi dari berbagai merek taksi yang terdaftar di sana. Jadi opsi kamu pun lebih banyak. Cara memesannya kurang lebih sama. Informasi plat nomor taksi dan foto driver yang akan menjemputmu akan terpampang. Uniknya kalau kamu menggunakan Grab Taxi ada banyak promo yang bisa didapatkan. Jadi lewat promo code ongkos perjalanan bisa langsung didiskon. Pembayaran tetap tunai. Selain taksi, kini Grab Taxi juga memperluas pelayanan bagi kamu pengguna ojek lewat aplikasi Grab Bike.

Have a nice ride!