Mengupas Band Lawas Indonesia

Tuesday, 23 May 2017

Sebagai pecinta musik Indonesia, kita wajib kenal band-band legendaris yang pernah merajai belantika musik Indonesia. Di antara para pemusik berbakat yang membentuk linimasa musik dalam negeri, 4 band berikut ini merupakan cerminan perjalanan musik Indonesia. Yuk simak!

Koes Plus
Grup musik yang beranggotakan Koeswoyo bersaudara ini merupakan salah satu grup band yang menjadi kiblat musik rock dan pop Indonesia. Awalnya terbentuk sebagai grup Koes Bersaudara, namun setelah masuknya anggota yang bukan keluarga yaitu Murry (Kasmuri) maka namanya pun diganti jadi Koes Plus. Karya lagunya yang easy listening sampai masa sekarang masih layak dikenang bahkan masih laris diaransemen ulang. Contohnya antara lain lagu 'Kolam Susu', 'Bunga di Tepi Jalan', 'Manis dan Sayang', serta masih banyak lainnya.

Krakatau
Grup band yang satu ini merupakan legenda di belantika musik jazz Indonesia bahkan memperkenalkan musik etnik Indonesia ke kancah dunia. Dari awal kemunculannya yang melawan arus tren musik rock dan pop mendayu-dayu, bisa dibilang Krakatau adalah tonggak kebangkitan musik jazz di Indonesia, khususnya untuk aliran fusion jazz yang eksperimentalis dan penuh improvisasi yang dinamis. Semenjak didirikan pada 1984, Krakatau telah mengalami beberapa kali pergantian personel bahkan pergantian genre. Hingga tahun 2014, band ini tampil lagi di atas panggung Java Jazz dengan sebutan Krakatau Reunion. Anggotanya saat ini antara lain Pra Budi Dharma, Dwiki Dharmawan, Indra Lesmana, Trie Utami, Donny Suhendra, dan Gilang Ramadhan.

Panbers
Panbers merupakan grup band pop ballad yang pernah menyabet penghargaan Platinum sebagai album terlaris dengan lagu-lagunya seperti 'Akhir Cinta', 'Gereja Tua', dan 'Terlambat Sudah'. Seperti juga Koes Plus anggota Panbers tak lain adalah Pandjaitan bersaudara sehingga lahirlah namanya "Panbers". Jika ditilik lagunya memiliki lirik yang puitis dan orisinil berdasarkan pengalaman pribadi para personil Panbers terutama vokalis Benny Panjaitan yang sering merangkap sebagai pencipta lagu.

Godbless
Ini dia salah satu band pelopor rock & roll paling legendaris di Indonesia. Walaupun rata-rata sudah berumur di atas 60an, para personilnya yang terdiri dari Ahmad Albar, Ian Antono, masih aktif dan enerjik ngerock sampai sekarang. God Bless menandai masa kejayaan mereka di tahun 1970an sebagai band pembuka konser band rock dunia Deep Purple. Selain terkenal dengan lagu rock seperti ‘Rumah Kita’, ‘Panggung Sandiwara’, dan ‘Syair Kehidupan’, Godbless juga pernah mencoba menekuni genre dangdut dan menelurkan lagu ‘Zakia’ yang tak lekang oleh waktu.

Siapapun kamu dan apapun profesimu, tentunya kamu ingin agar karyamu diingat dan menjangkau banyak orang. Jangan pernah berhenti untuk melahirkan sebuah masterpiece. Di saat energimu sudah menurun, ada Hemaviton Energy Drink yang siap untuk nge-recharge energi dan stamina kamu! Let’s create memorable masterpieces, guys!