Kualitas yang Bikin Ojek Online dapat Rating Bagus dari Penumpangnya

Tuesday, 08 November 2016

Jika kamu biasa menggunakan jasa ojek online atau justru kamulah yang menjadi pengemudi ojek online, pasti kamu sudah familiar dengan sistem penilaian yang diberikan penumpang kepada pengemudi dalam aplikasi. Penilaian tersebut biasanya berupa pemberian skala 1 – 5 menggunakan ikon bintang. Semakin banyak ‘bintang’ yang diberikan, maka artinya, penumpang semakin puas dengan pelayanan yang diberikan. Percaya atau tidak, sebenarnya meraih nilai tinggi dari penumpang bukanlah hal yang sulit. Biasanya mereka dengan senang hati memberi lima bintang, jika pengemudi ojek memiliki kualitas berikut ini.

1. Mudah dihubungi
Hal pertama yang paling penting sebagai pengendara ojek online adalah mudah dihubungi. Jika mungkin, hubungi calon penumpang terlebih dahulu untuk memastikan lokasi penjemputan dan perkiraan waktu kedatangan. Jika tidak bisa menelepon lebih dulu, paling tidak kabari lewat sms dan pastikan pengemudi siaga mengangkat telepon dari calon penumpang.

2. Sopan dan ramah
Bersikap sopan dan ramah sudah menjadi standar yang harus dilakukan penemudi ojek online. Buatlah calon penumpang merasa nyaman dengan memberikan senyum dan sapaan yang ramah. Tidak ada salahnya juga berbasa-basi dengan menanyakan hal-hal umum seperti profesi ataupun tempat tujuan. Namun ingat, lakukan hanya di 2-3 menit pertama saja. Tidak semua penumpang suka diajak ngobrol sepanjang jalan. Jangan sampai ia justru jadi merasa terganggu.

3. Tahu jalan alternatif
Jika tidak yakin dengan rute yang tertera di peta digital, jangan sungkan untuk menanyakan pada penumpang jalan mana yang ingin ditempuh. Bisa jadi rute yang biasa dilewati penumpang berbeda dengan rute yang diketahui pengemudi. Alangkah baiknya jika pengemudi juga memperluas wawasannya soal berbagai jalan sehingga bisa menawarkan alternatif jalan pintas pada penumpang saat lalu lintas macet.

4. Mengutamakan keselamatan
Bagaimanapun juga, utamakan keselamatan. Selalu tawarkan helm pada calon penumpang dan hindari melakukan aksi berbahaya saat mengemudi seperti menyalip kendaraan lain saat situasi padat dan berbahaya, mengemudi dengan kecepatan tinggi, ataupun menaiki trotoar untuk menlewati kemacetan. Ingat, keselamatan di atas segalanya.

Jadi pengemudi ojek online memang ada suka dukanya. Tapi jika kamu menjalaninya dengan stamina penuh, pasti segala hambatan bisa diatasi dengan mudah. Minum saja hemaviton Jreng, kandungan ginseng, tarurine, dan multivitamin di dalamnya bisa mempertahankan stamina ketika kamu harus bekerja keras. Kini, dilengkapi dengan kandungan madu juga, lho!

Foto: findracadabra / Shutterstock.com