Ketahui Arti Singkatan yang Ada di Sekitar Kita!

Friday, 30 December 2016

Saat berkomunikasi via teks, kita tanpa sadar menggunakan berbagai akronim dalam satu kalimat untuk mempersingkat waktu bicara. Yang paling terasa adalah jika sedang membicarakan soal teknologi. Banyak istilah teknologi yang sebetulnya erat dengan kegiatan kita namun tak lazim diketahui apa kepanjangannya. Tetapi, jangan sampai Anda tidak tahu benda apa yang sedang Anda sebut! Ketahui arti akronimnya berikut :

1. CAPTCHA = Completely Automated Public Turing Test to tell Computers and Humans Apart
Sebuah CAPTCHA akan menyuruh Anda memasukkan kombinasi angka serta gambar sewaktu hendak log in, sign up atau melakukan interaksi dalam website tertentu. Ini adalah sejenis tes yang berfungsi mendeteksi apakah yang sedang melakukan interaksi ini manusia sungguhan atau sekadar program komputer yang sedang dipakai untuk hacking dan tindakan merugikan lainnya.

2. CC / BCC = Carbon Copy / Blind Carbon Copy
Istilah ini sering Anda temui saat menggunakan e-mail, namun tahukah Anda bahwa awal mula sebutan CC dan BCC ini adalah saat surat menyurat masih menggunakan bantuan mesin tik? Ya, pada mulanya orang memakai kertas karbon untuk menyalin dokumen karena di jaman itu belum ada mesin fotokopi. Setiap orang yang ingin menyalin dokumen harus menggunakan kertas karbon, dan hasil salinan dari karbon ini disebut carbon copy. Sedangkan istilah BCC muncul ketika ada kebutuhan untuk mengirimkan surat ke penerima yang tidak perlu mengetahui nama penerima surat lainnya. Salinan yang tak dibubuhkan alamat penerima surat ini disebut blind carbon copy.

3. SD Card = Secure Digital Card
Benda yang hadir sebagai generasi setelah MMC (MultiMedia Cards) ini sering juga disebut sebagai memory card. SD Card bermula dari tahun 1999 setelah perusahaan raksasa SanDisk, Panasonic, serta Toshiba bekerjasama mengembangkan teknologi ini.

4. CPU = Central Processing Unit
Untuk Anda yang sering salah kaprah menyebut si kotak “mesin” komputer sebagai CPU, Anda harus segera mengoreksinya. CPU adalah bagian prosesor, salah satu komponen kecil dari sekian banyak komponen penyusun komputer. CPU sendiri berbentuk chip kecil dan berada di dalam casing PC.

5. VPN = Virtual Private Network
Sering kesulitan membuka beberapa situs karena terkena blokir? Inilah alasan mengapa banyak orang di sekitar Anda memilih memanfaatkan VPN, yang merupakan jaringan privat berdasarkan lokasi yang hanya bisa diakses oleh orang yang memiliki ijin akses. Mereka yang menggunakan VPN dapat mengakses internet dengan aturan yang berlaku di lokasi jaringan VPN tersebut. Jadi saat mengakses internet, komputer Anda bisa dideteksi seolah-olah sedang berada di negara lain, yang bebas membuka situs terblokir tadi.

6. LTE = Long Term Evolution
Kalau yang ini adalah istilah di bidang telekomunikasi. LTE berhubungan dengan teknologi data wireless 4G.

7. HTML = Hyper Text Mark-up Language
Sering melihat istilah HTML saat sedang berselancar internet? Ini karena HTML merupakan bahasa universal agar sebuah situs internet bisa ditayangkan dengan tampilan dan aturan yang sama di semua perangkat elektronik.

8. GPS = Global Positioning System
Untuk Anda yang sering menggunakan teknologi ini untuk navigasi transportasi, jangan sampai nggak tahu kepanjangannya dong. GPS adalah sistem navigasi global yang mengandalkan pancaran satelit. GPS juga dibuat dan dikelola oleh pemerintah Amerika Serikat, dan bisa diakses secara gratis oleh semua orang yang memiliki alat receiver GPS. Namun dalam keadaan tertentu beberapa pihak bisa dilarang oleh AS untuk mengakses teknologi GPS ini. Beberapa negara lain juga punya teknologi pemancar posisinya sendiri seperti GLONASS di Rusia, Galileo di Eropa, dan BeiDou di Cina.

9. CCTV = Closed Circuit Television
Kamera pengawas berjudul CCTV ini disebut closed circuit karena memang mentransmisi sinyal dari dan ke tempat yang spesifik serta terbatas. Hasil tangkapan CCTV hanya bisa terlihat di monitor yang sudah terhubung dengan kameranya saja.

10. USB = Universal Serial Bus
Orang-orang sering menyebut flash disk sebagai USB. Anda salah satunya? Sebetulnya, yang dinamakan USB adalah port alias colokan soket yang ada di perangkat elektronik, tempat Anda menyambungkan flash disk pada komputer atau peralatan elektronik lainnya.