Kerja Sambilan Yang Cocok Untuk Mahasiswa Semester Akhir

Thursday, 30 June 2016

Kelulusan tinggal sebentar lagi, kegiatan di kampus juga tak lagi padat, sayangnya kamu belum benar-benar. Entah masih harus menyelesaikan skripsi atau justru masih harus menunggu ijazah resmi dari kampus. Yah, kira-kira begitulah gambaran kehidupan mahasiswa semester akhir yang mungkin sedang kamu alami. Di masa-masa ini kamu juga merasa sudah terlalu ‘tua’ jika hanya mengandalkan uang jajan dari orang tua, namun belum bisa untuk menjadi pegawai resmi. Jangan patah arang dulu, ada kok pekerjaan freelance yang bisa menambah pemasukanmu dan cocok banget untuk mahasiswa semester akhir.

Penerjemah
Jika kamu mengambil jurusan sastra bahasa asing atau minimal jago berbahasa Inggris, kamu bisa mencoba menjual jasamu untuk menjadi penerjemah. Banyak lho orang yang mencari jasa penerjemah, mulai dari perusahaan hingga teman-teman sesama mahasiswa. Biasanya penerjemah profesional bisa dibayar per lembar, jadi semakin banyak halaman yang kamu terjemahkan, semakin besar pula penghasilanmu. 

Surveyor Riset
Di kampus biasanya banyak sekali kegiatan riset, baik itu proyek akademis pribadi dari salah satu dosen ataupun proyek komersil dari perusahaan-perusahaan besar. Riset-riset tersebut tentunya membutuhkan data kuantitatif ataupun kualitatif, saat itulah biasanya dibutuhkan banyak surveyor untuk mendapatkan data. Jangan ragu untuk melamar sebagai salah satu surveyor untuk riset. Biasanya tugas surveyor tidak terlalu berat kok. Jika yang dibutuhkan data kuantitatif, kamu hanya tinggal mencari responden yang tepat untuk mengisi kuesioner. Sedangkan jika data yang dicari kualitatif, kamu perlu melakukan wawancara dan membuat transkrip. Kamu pasti bisa mengerjakannya sambil mengerjakan skripsi.

Guru Seni dan Olahraga
Punya bakat lain di luar akademis? Bisa lho dimanfaatkan untuk mencari uang tambahan. Misalnya menjadi guru tari modern, vocal group, hingga pelatih cheerleader. Biasanya guru-guru lepasan ini banyak dicari untuk menjadi pengajar kegiatan ekstra kurikuler di berbagai sekolah. Nah, lumayan banget kan bisa nyari tambahan uang jajan sambil ketemu adik-adik lucu?

Barista
Sejak budaya minum kopi semakin populer, tak terhitung banyaknya coffee shop yang bermunculan. Oleh karena itu profesi barista juga semakin populer. Kenapa kamu nggak mencoba melamar jadi barista juga? Sebelum mulai bekerja, kamu akan mendapatkan pelatihan bikin kopi yang pastinya bisa menambah skill baru kamu. Selain dapat penghasilan, kamu juga dapat ilmu baru.

Event Organizer
Coba deh cari kenalan yang berprofesi sebagai EO. Biasanya tim EO sering banget membutuhkan tenaga-tenaga lepasan untuk membantu jalannya acara. Selain mendapat penghasilan, kamu juga bisa ikut hadir di event-event keren. Seru banget ya?

Kerja sambilan sambil menyelesaikan skripsi memang gampang-gampang susah. Tantangannya, kamu harus pintar-pintar mengatur waktu dan menjaga stamina. Jangan lupa mengonsumsi hemaviton Action setiap hari, multivitamin tepat buat kamu yang punya banyak kesibukan dan  mobilitas tinggi. Dengan hemaviton Action, kamu bakal siap action sepanjang hari!