Kecanduan Belanja Online? Atasi dengan Cara Ini

Wednesday, 27 July 2016

Punya hobi belanja? Di era digital ini, kesenanganmu berbelanja jadi semakin terfasilitasi dengan meningkatnya tren belanja online. Cara belanja satu ini memungkinkan kamu memperoleh barang atau makanan yang kamu sukai hanya dengan sekali klik. Bahkan kamu tidak perlu beranjak dari meja kerja atau tempat tidurmu. Praktis banget kan?

Namun tren belanja online ini tak hanya memberi dampak positif. Jika dilakukan secara berlebihan, justru bisa memberi efek negatif. Kamu bisa lebih boros berkali-kali lipat dibandingkan saat belanja secara konvensional karena tergoda harga murah dan kemudahan berbelanja yang ditawarkan. Belum lagi, kamu akan membuang banyak waktu saat window shopping di dunia maya hingga berjam-jam. Wah, bagaimana cara mengatasi kecanduan ini ya?

Rencanakan Biaya
Jika online shopping sudah menjadi agenda rutin kamu, maka tidak ada salahnya mengalokasikan biaya khusus online shopping setiap bulannya. Buatlah alokasi biaya khusus online shopping dengan angka yang masuk akal dan patuhi batasan biaya yang sudah kamu tetapkan sendiri. Dengan begitu, kamu bisa tetap melakukan online shopping namun tetap terkontrol.

Hapus Aplikasi Belanja
Punya aplikasi belanja online di smartphone-mu? Lebih baik uninstallI saja deh. Pasalnya, semakin mudah kamu mengakses portal belanja online, semakin besar pula kemungkinan kamu lebih sering berbelanja. Sebelum terlambat, lebih baik di uninstall saja. Toh kamu masih bisa mengaksesnya di komputer jika benar-benar ingin belanja. Tetapi dengan menghapus aplikasi belanja, setidaknya kamu butuh usaha ekstra untuk belanja online dan tidak terpaku pada aplikasi belanja sepanjang waktu.

Batasi Waktu Belanja
Sering lupa waktu saat online shopping? Kamu pasti bisa mengatasinya. Beri jatah waktu, berapa lama kamu boleh melihat-lihat situs belanja online, misalnya 1 jam setiap hari. Jangan melanggar aturan yang telah kamu buat sendiri. Dengan begitu kamu akan terlatih disiplin dan tidak terus-terusan ingin membuka situs belanja online.

Stop Berlangganan News Letter
Kamu sudah berhasil menahan diri tidak membuka situs belanja online. Tetapi tiba-tiba saja muncul news letter berisi barang-barang promo dari situs tersebut ke email-mu. Akhirnya, kamu nggak tahan untuk melihat penawaran menarik dan langsung membuka situs belanja favoritmu. Wah, dilema banget ya! Daripada kamu tergoda karena news letter, lebih baik berhenti berlangganan saja.

Minta Bantuan
Jika tidak bisa juga mengatasi kecanduan belanja online sendirian, berarti sudah saatnya kamu minta bantuan dari orang-orang terdekatmu. Minta pasangan, orantua, teman, kakak atau adikmu mengingatkan soal kebiasaan belanja online-mu jika sudah mulai berlebihan. Bahkan jika sudah terlalu parah, tidak ada salahnya berkonsultasi dengan psikolog untuk menghentikan kecanduan ini.