Jenis-jenis Burung yang Laris Manis di Pasaran

Thursday, 01 December 2016

Burung, adalah salah satu jenis hewan peliharaan yang banyak digemari orang. Selain bentuk atau warnanya yang indah, kicauan burung juga terdengar merdu. Meskipun beberapa jenis burung bisa dihargai mahal, namun dari segi perawatan, memelihara burung juga tidak terlalu sulit dibandingkan beberapa hewan peliharaan lainnya. Biasanya, para prialah yang kerap memilih burung sebagai hewan peliharaan mereka. Tertarik untuk memelihara burung juga? Coba cari tahu dulu jenis-jenis burung yang populer dijadikan peliharaan!

Lovebird
Sesuai namanya, burung yang satu ini kerap dijadikan simbol cinta dan kesetiaan. Jika dilihat-lihat, lovebird memang terlihat cantik dengan warna yang menarik dan suara yang merdu. Ada mitos yang mengatakan bahwa untuk memelihara lovebird, kamu tidak bisa membeli hanya satu, tetapi dua burung sekaligus karena mereka tidak bisa hidup sendirian. Bahkan jika salah satunya mati, maka yang pasangannya akan ikut mati karena tidak bisa hidup sendiri. Nyatanya, bukan seperti itu kok! Sepasang lovebirds memang terlihat cantik dipelihara dalam satu sangkar, tetapi kamu bisa memelihara seekor saja. Jika memutuskan untuk memelihara seekor burung saja, maka kamu harus memberinya perhatian lebih dengan mengajaknya ‘bermain’, jika tidak lovebird bisa mati karena kesepian. Keuntungan memelihara dua lovebirds sekaligus, mereka akan merasa terikat satu sama lain sehingga kamu tidak perlu terlalu sering berinteraksi untuk menghibur peliharaanmu.

Pleci
Meskipun terlihat kecil dan biasa saja, namun ternyata kicauan burung pleci cukup merdu lho. Berkat suaranya, popularitas burung ini semakin meningkat. Harga burung plecipun semakin meningkat. Dari yang awalnya hanya 100.000-an rupiah, jika sudah terlatih dan memenangkan kontes, harganya bisa meningkat hingga jutaan rupiah. Burung ternyata juga bisa menirukan suara kicauan burung lain. Keren!

Murai Batu
Dari penampilannya saja, burung murai sudah terlihat menawan. Perawakannya mungil tetapi terlihat anggun dengan bagian ekor yang panjang. Kombinasi warna bulunya juga sangat elegan yaitu hitam, putih, dan oranye kecokelatan. Soalnya kicauan, tidak perlu ditanya. Kicauan kuat, merdu, sekaligus variatif sehingga tidak pernah bosan mendengarnya. Soal harga, burung murai memang cukup mahal. Burung murai standar saja bisa mencapai harga Rp 1.000.000,-. Apalagi jika murai tersebut sudah terlatih, kebayangkan bagaimana kamu harus merogoh kocek untuk memilikinya?

Kenari
Keunggulan dari burung kenari sebagai burung penyanyi adalah, tidak terlalu sulit melatihnya agar memiliki suara yang nyaring dan merdu. Namun suara merdu tersebut tidak bisa diperoleh begitu saja, akan tetapi kamu harus sering ‘melatihnya’. Caranya adalah dengan mendekatkan sangakar burung kenari yang masih berkembang dengan sangkar burung kenari jantan yang dewasa. Jika bisa, jangan sampai meletakkannya berdekatan dengan jenis burung lain saat masa pertumbuhan, karena bisa membuatnya terpengaruh meniru suara burung lain dan tidak bisa mengeluarkan suara aslinya.

Jalak
Sebenarnya, ada berbagai macam burung jalak yang lazim dipelihara, diantaranya jalak kebo, jalak bali, dan masih banyak lagi. Meskipun satu sama lain memiliki perbedaan, namun burung jalak pada dasarnya memiliki kesamaan sebagai burung penyanyi yang berisik dan unik. Itu sebabnya, burung jalak kerap dipilih untuk meramaikan suasana rumah. Uniknya, kicauan burung jalak tidak hanya berisik, tetapi juga merdu karena menyerupai suara instrumen musik.

Nah, yang mana burung favoritmu?