Istilah Gaul di Dunia Maya

Wednesday, 04 January 2017

Gaya bahasa internet berganti terus dengan cepat mengikuti tren yang terus bergulir. Istilah slang yang sudah jadul bakal terkikis sendiri dan langsung diganti dengan istilah slang yang baru. Bahkan mungkin bisa juga gaya bahasa di dunia maya berevolusi duluan dan malah mendului bahasa verbalnya. Menarik kan? Ini contoh istilah yang sedang happening di dunia maya akhir-akhir ini. FYI, jangan sampai kamu gagal paham ya!

Takis
Istilah yang satu ini bisa juga masuk kategori slang. Takis cuma punya arti kalau kamu baca terbalik dari belakang ke depan, tak lain adalah slang untuk ajakan "sikat". Tapi jangan pernah padankan dengan kata "gigi", nggak nyambung! Biasanya istilah "takis" dipadankan dengan "sob", yang artinya ungkapan menyemangati selaras dengan seruan "ayo, sobat!". Selain takis, banyak juga kata-kata yang dibalik seperti "yuk" yang dibalik jadi "kuy", dan "males" yang dibalik jadi "selam".

Meme
Istilah meme sering disebut dengan cara yang salah. Seharusnya dieja "mim" karena berasal dari kata dasar "mimic". Meme berfungsi untuk menggambarkan emosi kita dalam satu gambar. Saat ini arti meme pun bergeser menjadi sebutan untuk gambar-gambar berisi banyolan yang dishare di sosial media.

LEL
Inovasi dari ujaran "LOL", sekarang muncul "LEL" yang artinya laughing extremely loud. Sebenarnya arti dan pemakaian LEL sama saja dengan LOL ataupun ROFL (rolling on the floor laughing) dan LMAO (laughing my ass off). Hanya saja LEL memberi kesan kalau candaan yang ditertawai itu lebih lucu dari sekadar direspon dengan LOL.

Emoticon
Gambar-gambar kecil yang menunjukkan ekspresi di kala chatting, disebut emoticon. Tambahkan emoticon ini dalam percakapan teks kamu supaya orang yang diajak bicara tahu ekspresi apa yang sedang kamu maksudkan.

CMIIW
Kalau kamu sedang menyampaikan sebuah teori atau pemikiran yang kamu nggak 100% yakin akan kebenarannya, dan kamu membuka kesempatan agar orang yang tahu bisa mengoreksinya. kamu boleh mencantumkan istilah CMIIW di akhir kalimatnya. Kepanjangan CMIIW sendiri adalah "Correct Me If I’m Wrong".

IYKWIM
IYKWIM adalah akronim buat frase "If you know what I mean". Istilah ini biasanya muncul di forum seperti 9gag, sosial media, bahkan merambah ke percakapan sehari-hari sebagai kode kalau kamu sedang membicarakan hal yang cuma kamu dan kalangan tertentu yang tahu. Biasanya sih, istilah IYKWIM digunakan saat seseorang ingin memberi kode kalau kalimatnya mengandung pesan intrinsik tertentu, bisa dari candaan internal geng kamu sampai dirty joke.