Ini Dance yang Bisa Kamu Coba untuk Olahraga

Friday, 07 August 2015

Tidak semua orang antusias dengan berolahraga, tapi kalau dance nyaris semua orang menyukainya. Coba saja setel musik dengan irama upbeat, tanpa kamu sadari tubuh akan bergerak dengan sendirinya. Nah agar gerakanmu lebih terarah dan bisa bermanfaat untuk kesehatan fisikmu, mengapa tidak coba aneka dance berikut.

Salsa

Salsa asyik dilakukan berpasangan. Menggabungkan antara hangatnya nuansa Karibia berpadu dengan panasnya Amerika Latin. Hasilnya gerakan yang energik dan seksi. Gerakan dalam salsa juga bisa membuat hubungan dengan pasangan semakin harmonis. Kalori yang terbakar bisa 200 kalori per 30 menit.

Zumba

Kelas zumba saat ini bisa dengan mudah kamu temui di berbagai pusat kebugaran. Zumba berasal dari bahasa Kolombia yang berarti gerak cepat dan bergembira. Dengan menggunakan musik latin berirama upbeat kamu dapat latihan cardio. Banyak orang memilih zumba untuk membakar kalori. Bahkan jika gerakan zumba dilakukan maksimal selama 30 menit 300 kalori bisa terbakar. Bayangkan jika kamu melakukannya lebih dari satu jam. Tapi kalau kamu masih pemula, lakukan pelan-pelan ya. Mulai dengan durasi yang minimal saja.

Line Dancing

Untuk pemula line dancing bisa jadi pilihan. Biasanya irama dan gerakannya mudah diikuti dan dilakukan berulang-ulang. Musik yang dipilih umumnya soul, R&B, dan hip-hop. Gerakannya pun energik sehingga menambah semangat.

Pole Dancing

Baik untuk kekuatan. Memang gerakannya cukup menantang. Kebanyakan gerakan dance mengencangkan tubuh bagian bawah, tetapi dalam pole dance tubuh bagian atasmu juga mendapatkan porsi latihan. Biasanya gerakan dalam pole dance dapat mengencangkan lengan terutama.

Satu hal yang perlu diingat saat menari, lakukanlah dengan sepenuh hati ya. Jangan malu untuk melakukan gerakan-gerakan yang tampak aneh sekalipun. Apapun jenis tarian yang kamu pilih, bergerak dengan musik yang menghentak bisa memperbaiki mood kamu. Semangat yang timbul juga bisa menyehatkan fisik dan psikis kamu. Apalagi menurut studi dalam The New England Journal of Medicine terlihat bahwa menari juga dapat menurunkan risiko dementia secara signifikan lho! So.. tunggu apa lagi let’s dance and have fun!