Ini Cara Hindari Cedera Saat Olahraga

Friday, 26 June 2015

Setelah susah-susah memotivasi diri untuk pergi ke gym, hal yang kamu harapkan tentu tubuh yang bugar dan ideal. Tapi tidak jarang, yang terjadi adalah saking semangatnya bergerak, tubuh jadi sakit karena cedera. Berikut adalah beberapa tips olahraga yang perlu kamu ketahui sebelum kamu mulai berolahraga.

  1. Warm up – Dengan melakukan pemanasan selama 5 sampai 10 menit, kamu dapat mengurangi risiko cedera saat latihan. Warming up sendiri berguna untuk meningkatkan aliran darah ke otot untuk mencegah kekakuan otot dan menyiapkan tubuh untuk melakukan latihan yang lebih berat.
  2. Ketahui Teknik yang Benar – Apapun olahraganya, kamu harus mengetahui teknik dan eksekusi yang benar. Misalnya, sebelum kamu ikutan lari jarak jauh atau marathon, ada baiknya kalau kamu mengetahui teknik mengatur napas dan cara mempertahankan pace yang tepat supaya kamu bisa mencegah cedera dan tetap mengeluarkan potensimu secara maksimal.  Oleh karena itu, ayo pelajari dulu teknik-teknik yang benar sebelum mulai berolahraga.
  3. Pakai Perlengkapan yang Sesuai – Gunakan perlengkapan yang sesuai dengan olahraga. Ini termasuk dengan pakaian, sepatu, padding, dan perlengkapan lainnya. Jadi misalnya kamu mau ikutan bersepeda gunung bersama teman, jangan lupa gunakan jersey dan sepatu khusus mountain biking (MTB), serta helm.
  4. Jangan Memaksakan Diri – Jika kamu pemula, jangan memaksakan diri. Mulailah dengan tingkat intensitas rendah dan fokus kepada menyesuaikan diri. Untuk olahraga marathon, disarankan pelari awal untuk tidak melebihi durasi 30 menit untuk tiap sesi lari. Jika merasa sudah lebih kuat, tingkatkan intensitas secara bertahap.
  5. Lakukan Bersama Teman – Kalau olahraga sendirian saja, kamu pasti akan cepat bosan, jadi ajaklah temanmu untuk berolahraga bersama. Selain lebih menyenangkan, kamu juga akan termotivasi untuk berolahraga lebih lama dan intens.
  6. Istirahat – Walaupun kamu sangat termotivasi untuk berolahraga setiap hari, jangan lupa untuk berikan tubuh kamu waktu untuk beristirahat karena overtraining dapat menyebabkan cedera. Luangkan 1 atau 2 hari dalam seminggu untuk istirahat dan pemulihan otot supaya kamu siap berolahraga lagi di keesokan harinya.